Upaya Terus Menerus untuk Kebersihan dan Lingkungan Berkelanjutan, Persiapan Adipura 2023

TOPSUMBAR – Kementerian Lingkungan Hidup saat ini sedang melakukan penilaian dan seleksi terhadap daerah atau kota yang berhasil mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Seiring mendekati penilaian Adipura, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Asril, SE, bersama Kepala Dinas Pangan, Ade Kurniati, S.Pt, Kepala Bidang Pangan, Satpam, dan staf Dinas Pasar, meningkatkan pemantauan di Pasar Raya Kota Solok pada Rabu, 04 Oktober 2023.

Mereka memantau berbagai aspek termasuk saluran air, penataan dan pengelolaan sampah, terutama tempat pembuangan dan bank sampah.

Bacaan Lainnya

“Hasil pemantauan di Pasar mencakup pengecekan tong sampah pilah dan bank sampah serta kebersihan di area pasar,” jelas Asril.

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa tidak ada sampah atau endapan lumpur di sejumlah saluran air di ruas jalan. “Kita ingin memastikan bahwa semua titik pantau sudah siap dinilai oleh tim Adipura,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, selaku Kabid LB3, ia menegaskan bahwa setiap persiapan akan dilakukan dengan maksimal dan teliti. “Kita akan memastikan setiap persiapan berjalan dengan efektif dan maksimal, maka dari itu, hal-hal yang belum ditindaklanjuti akan segera kita tuntaskan.”

Selain itu, Asril juga memastikan bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan pemantauan berkala di semua titik pantau yang telah ditetapkan.

“Kita akan terus melakukan pembersihan, penataan, dan evaluasi berkala pada semua titik pantau menjelang penilaian Adipura 2023 ini. Meskipun demikian, tindakan penataan dan pembersihan ini tidak hanya dilakukan karena penilaian, namun setiap harinya kita pastikan dan sosialisasikan kepada semua lapisan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan secara berkelanjutan,” ujar Asril.

Kita semua berharap agar semua lapisan masyarakat ikut serta dalam memastikan kondisi lingkungan terus terjaga dan terawat secara efektif dan berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat serta meraih prestasi terbaik dalam penilaian Adipura Tahun 2023.

(Gra)

Pos terkait