Sumatera Barat Raih Penghargaan Proklim 2023, Memimpin Langkah dalam Pemeliharaan Iklim

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dengan bangga menerima Penghargaan Proklim Tahun 2023 di kategori Pembina Proklim tingkat Provinsi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir. Siti Nurbaya.

Penghargaan ini diserahkan dalam rangkaian Festival Iklim Tahun 2023 yang mengusung tema “Bergerak Bersama Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca”, bertempat di Auditorium DR. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta pada tanggal 24 Oktober 2023.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menegaskan bahwa Sumbar berhasil menempati posisi terhormat sebagai salah satu dari 10 provinsi yang mendapatkan Penghargaan Proklim Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Selain Sumbar, penghargaan serupa juga diraih oleh Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Keberhasilan Sumbar tak berhenti di situ. Enam kabupaten dan kota di wilayah ini juga dinobatkan sebagai penerima Penghargaan Kategori Pembinaan Proklim Tingkat Kabupaten/Kota dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Tanah Datar adalah nama-nama yang berjaya dalam hal ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Asben Hendri, menambahkan bahwa selain kategori Pembina Proklim tingkat Provinsi, Sumbar juga berjaya meraih penghargaan Proklim utama berupa trofi dan sertifikat.

Lokasi Proklim yang menorehkan prestasi gemilang adalah Jorong Koran Nagari Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung.

Tidak hanya itu, empat lokasi Proklim lainnya juga memperoleh penghargaan berupa sertifikat. Mereka adalah RT 04, 07, 08, 11 Kelurahan Ekor Lubuk Kecamatan Padang Panjang Timur Kota Padang Panjang, Nagari Sungai Gayo Lumpo Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, Kampung Sungai Sariak Nagari Sungai Sariak Lumpo Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan, dan Nagari Padang Laweh Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Tanah Datar.

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah inisiatif nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemangku kepentingan dalam memperkuat kemampuan adaptasi terhadap perubahan iklim dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Program ini juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Melalui implementasi ProKlim, KLHK memberikan penghargaan kepada masyarakat di lokasi kampung iklim yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

(adpsb/busan).

Pos terkait