Rebranding Gerakan Pramuka, Meningkatkan Daya Tarik untuk Generasi Muda

TOPSUMBAR – Sejarah mencatat kontribusi besar Gerakan Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda bangsa. Namun, Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy, menilai bahwa rebranding serta peningkatan kualitas dan kapasitas Pramuka sangat penting untuk menghadapi perkembangan dan tantangan zaman.

Pernyataan ini disampaikan Wagub Audy dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 di tingkat Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman Tahun 2023 di Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, pada Selasa 24 Oktober 2023.

Menurutnya, rebranding Pramuka akan menarik minat generasi muda untuk bergabung dalam keanggotaan Pramuka.

Bacaan Lainnya

“Sejak tahun 1912, Pramuka telah ada di Indonesia, berperan besar dalam membentuk karakter pemuda bangsa, bahkan memimpin di berbagai sektor. Namun, dengan laju perkembangan zaman, terutama di era komunikasi digital saat ini, rebranding adalah hal yang diperlukan,” ujar Wagub.

Dengan mempertimbangkan perlunya rebranding Gerakan Pramuka, Wagub Audy menekankan peran krusial Majelis Pembimbing untuk mendorong kemajuan Kwartir, Satuan Karya, dan Gugus Depan Gerakan Pramuka. Hal ini bertujuan agar Pramuka, terutama di Sumbar, siap menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Di samping itu, Wagub juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas dan kapasitas para Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, dan Gugus Depan Pramuka.

Mereka perlu mampu membimbing generasi muda untuk menjadi kader Pramuka yang lebih berkualitas. Walaupun selama ini, Gerakan Pramuka terbukti efektif dalam membentuk karakter pemuda bangsa.

“Tantangan di masa depan akan semakin berat, termasuk dalam memaksimalkan bonus demografi. Hal ini menuntut penguatan kompetensi dan karakter generasi muda Pramuka, sebagai salah satu pilar penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Audy juga memberikan selamat kepada Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pasaman, Sabar AS, atas Penganugerahan Lencana Darmabakti dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

(adpsb).

Pos terkait