Program Bajumpo, Membawa Pelayanan Pemerintah ke Pelosok Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Setelah beberapa waktu absen, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menginisiasi kembali program “Bajumpo” (Bupati Jum’at Manyapo).

Kali ini, program Bajumpo dilaksanakan di Nagari Galugua, yang terletak paling jauh dari Ibukota Sarilamak, pada Jumat, 13 Oktober 2023.

Bajumpo adalah bentuk interaksi Bupati Safaruddin dengan warganya, tanpa batas dan sekat, guna menangkap aspirasi masyarakat di pelosok Limapuluh Kota serta memastikan bahwa setiap layanan dasar dari pemerintah berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Bupati melaksanakan serangkaian kegiatan di nagari tersebut, termasuk pelayanan pembuatan dokumen kependudukan, memberikan Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita, memeriksa ruas jalan Galugua-Koto Tangah, meninjau relokasi Poskesri Koto Tangah Galugua, melakukan survei rumah yang tidak layak huni, memberikan bantuan bagi lansia, menyebarkan bibit jagung, dan meresmikan gedung pertemuan Nagari Galugua.

Dalam Bajumpo edisi Galugua, turut hadir Wakil Ketua DPRD sekaligus tokoh masyarakat Kapur IX, Syamsul Mikar, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Asisten I Herman Azmar, Ketua Baznas Limapuluh Kota, Yulius, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota.

Bupati memulai sambutannya dengan mengungkapkan, “Bajumpo adalah inovasi pemerintah untuk memastikan pelayanan di nagari berjalan lancar. Program ini diintegrasikan dengan penyerapan aspirasi dan penyaluran bantuan oleh pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota.”

Dengan program ini, lanjut Bupati, setiap keluhan dan usulan menjadi catatan pribadi Bupati beserta OPD terkait yang mendampingi dalam program ini.

Di bagian lain dari pidatonya, Bupati Safaruddin menekankan bahwa program BAJUMPO tidak hanya tentang mendengarkan aspirasi dan keluhan masyarakat.

Program ini juga mencakup berbagai kegiatan lain seperti penyerahan bantuan sosial, sertifikat, serta mengadakan bazar layanan OPD seperti pemeriksaan dan pengobatan gratis, dan layanan dokumen kependudukan.

“Kami berharap program ini dapat terus dilakukan secara konsisten dan mendapat sambutan baik dari masyarakat. Bagi warga Limapuluh Kota yang ingin jorongnya dikunjungi, silakan ajukan, terutama jorong yang belum pernah dikunjungi Bupati, akan kami jadwalkan ke depan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD, Syamsul Mikar, memberikan apresiasi atas terselenggaranya program Bajumpo di Nagari Galugua.

“Ini adalah kunjungan Bupati Limapuluh Kota ke Galugua untuk kali ini, hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dari pinggiran,” ungkapnya.

Ia juga memuji cara Bupati Safaruddin dalam membangun komunikasi dengan masyarakat. Menurutnya, bagi mereka yang sehari-harinya berkecimpung dalam dunia pertanian, tentu sulit untuk menyampaikan aspirasi secara langsung kepada orang nomor satu di Limapuluh Kota.

“Kami memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini, semoga program BAJUMPO terus dilakukan oleh Pak Bupati dengan mendengarkan segala keluhan masyarakat dan memberikan solusi untuk kemajuan Limapuluh Kota,” pungkasnya.

(Ton)

Pos terkait