Pesona Budaya Minangkabau, Sumtera Barat di STQH XXVII Jambi

TOPSUMBAR – Penampilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Pawai Ta’aruf Seleksi Tilawatil Qur’an dan Al Hadist (STQH) XXVII di Jambi, Senin 30 Oktober 2023 mendapat sambutan meriah dari penonton. Sumbar tampil di barisan depan setelah tuan rumah Provinsi Jambi.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengungkapkan kebanggaannya atas respons yang hangat dari masyarakat Jambi terhadap penampilan utusan Sumbar.

Baginya, ini adalah bentuk penghargaan terhadap kesungguhan kontingen Sumbar dalam mengikuti Pawai Ta’aruf ini.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyatakan bahwa ia sangat bangga, bahwa penampilan kafilah utusan Sumbar mendapat sambutan meriah dari masyarakat Jambi.

Hal yang sama juga terlihat dari para tamu VIP di panggung utama, seperti Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, dan perwakilan dari Gubernur 33 Provinsi. Ini adalah hasil dari persiapan matang kontingen kita,.

Selanjutnya, ia berharap agar kontingen Kafilah Sumbar tidak hanya berhasil mendapatkan pujian dalam pawai, tetapi juga mampu meraih prestasi di lomba STQH.

Wagub juga menyampaikan bahwa kontingen Sumbar berhasil mencapai target yang telah ditetapkan, yaitu berada pada peringkat 9.

Ini merupakan peningkatan dibandingkan dengan pencapaian STQH tahun sebelumnya di mana Sumbar berada di peringkat ke-10.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kabiro Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Al Amin, menjelaskan bahwa kontingen yang dikirim ke STQH tahun ini terdiri dari 50 orang, dengan rincian 20 qori-qori’ah, 23 pendamping, dan 7 pelatih.

Ia menambahkan bahwa dalam Pawai Ta’aruf kali ini, kontingen Sumbar menampilkan peragaan dengan tema khazanah budaya Minangkabau.

Mobil hias yang didesain menyerupai Rumah Gadang menjadi sorotan dalam arak-arakan kafilah Sumbar. Dilanjutkan dengan tarian, Silek, dan Tabuik Piaman.

Ia bersyukur karena penampilan kontingen Sumbar berhasil memukau masyarakat dan para tamu undangan.

Sebagai Pimpinan Kafilah STQH Sumbar, Al Amin juga memberikan penghormatan dengan memasangkan “deta” (ikat kepala khas Minang) kepada Gubernur Jambi, Al Haris.

Mengenai atraksi kesenian, Kontingen Sumbar menampilkan Tari Maarak, Tari Piriang, dan Silek yang dibawakan oleh Sanggar Citra Kembara dari Padang, serta “Tabuik Piaman” yang disajikan oleh Ikatan Keluarga Minangkabau Provinsi Jambi.

Ia menyamaikan bahwa tabuik setinggi 4 meter itu, sengaja kita datangkan langsung dari Kota Pariaman menggunakan truk beserta personelnya, itu adalah wujud totalitas kami dari Sumbar.

Al Amin menjelaskan bahwa atraksi kesenian dan budaya Sumbar yang ditampilkan pada pawai STQH XXVII Jambi juga bertujuan untuk mempromosikan kekayaan pariwisata Sumbar.

Terlebih lagi, kegiatan STQH diikuti dan disaksikan oleh masyarakat dari seluruh penjuru Indonesia.

“Harapannya Sumbar semakin dikenal. Jadi selain sukses sebagai peserta STQH Nasional XXVII Jambi, kita juga bisa sukses mempromosikan pariwisata untuk menarik minat wisatawan datang ke Sumbar,” ungkap Al Amin.

Untuk diketahui, STQH XXVII akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin di Arena Utama Haji Abdurrahman Sayoeti, Kota Jambi, malam nanti.

(Adpsb/Busan)

Pos terkait