Peringatan Hari Jadi Mentawai, Momentum untuk Kemajuan Bersama

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy menekankan pentingnya bagi daerah untuk tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur fisik, tetapi juga memprioritaskan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Audy, pembangunan SDM adalah investasi yang membutuhkan waktu dan sumber daya yang substansial, tidak dapat terjadi secara instan. Oleh karena itu, ia berpendapat bahwa perencanaan matang harus menjadi kunci, dan tidak boleh terlambat.

“Audy menampaikan bahwa proses dan hasil dari pembangunan SDM butuh waktu yang cukup panjang, dan tidak dapat dicapai secara instan. Namun, hal ini krusial untuk kemajuan suatu daerah dan tidak boleh diabaikan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Pendapat tersebut disampaikan oleh Audy Joinaldy saat memberikan sambutan dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke-24, yang berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Rabu (4 Oktober 2023).

Wakil Gubernur Sumbar juga memberikan pujian terhadap kemajuan dalam sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Audy mengamati bahwa Mentawai berhasil mengubah persepsi luas masyarakat tentang daerah tersebut.

“Dulu banyak orang yang beranggapan bahwa Mentawai ini adalah daerah yang tertinggal dan tidak berkembang. Namun sekarang, siapa yang tidak mengenal Mentawai, bahkan telah menjadi pusat wisata bahari kelas dunia di Wilayah Barat Indonesia,” ucap Wakil Gubernur Sumbar.

Audy berharap bahwa pencapaian saat ini dapat ditingkatkan lebih lanjut, dan salah satu langkahnya adalah dengan memperkuat SDM.

Ia meyakini bahwa jika kapasitas SDM ditingkatkan secara besar-besaran, Mentawai akan berkembang sepuluh kali lipat dari kondisi saat ini.

Wakil Gubernur juga menegaskan bahwa Provinsi selalu siap untuk bekerjasama dan memberikan dukungan kepada Kabupaten Mentawai dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yosep Sarogdok mengajak semua pihak untuk memaknai Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke-24 sebagai momentum untuk melakukan perbaikan dan memperkuat solidaritas, guna membuat daerah ini semakin maju dan sejahtera sebagai salah satu produsen ombak terbaik di dunia.

“Melalui evaluasi kinerja dan peningkatan tatanan kehidupan, kita dapat mencapai tingkat yang lebih baik di masa depan,” ujar Yosep.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak memberikan pujian atas kesatuan upaya semua pihak dalam memajukan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Menurutnya, banyaknya pencapaian yang telah diraih merupakan bukti dari keefektifan kolaborasi ini.

“Fernando menyatakan bahwa apa yang telah dicapai saat ini adalah hasil dari kerja keras bersama. Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. Ke depan, sinergi yang telah terbangun harus tetap terjaga, demi kemajuan Mentawai yang lebih baik,” ujarnya.

Fernando Jongguran juga menyatakan keyakinannya melihat besarnya potensi sektor pariwisata di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ia optimis bahwa daerahnya akan segera menjadi salah satu daerah yang maju, mandiri, dan sejahtera di Sumbar.

(adpsb)

Pos terkait