Penghargaan Camat Terbaik Sumbar 2023, Inovasi dan Dedikasi dalam Pelayanan Publik

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, telah menyerahkan penghargaan kepada Camat terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk tahun 2023 di Padang, pada malam Minggu (1 Oktober 2023).

Menurut hasil penilaian Tim Juri, Camat Payakumbuh Utara, Jhoni Parlin, terpilih sebagai Camat terbaik se Provinsi Sumbar.

Dalam pidatonya, Gubernur Mahyeldi menyatakan bahwa penghargaan ini adalah salah satu upaya Pemerintah Provinsi Sumbar untuk memberi motivasi kepada para Camat untuk terus meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya sehari-hari di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan penghargaan ini, kita berharap para Camat dapat meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Mahyeldi.

Menurut Gubernur, Camat memiliki peran yang sangat strategis dalam tataran pemerintahan karena mereka dapat melaksanakan tugas yang melekat pada jabatannya, serta dapat mengemban tugas yang diberikan oleh kepala daerah.

“Kami mendorong agar ke depannya, bupati/wali kota dapat lebih memahami dan memaksimalkan fungsi Camat.

Salah satunya adalah dengan mendelegasikan beberapa kewenangan kepada mereka, sehingga kontribusinya menjadi lebih besar bagi masyarakat,” harap Mahyeldi.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sumbar, Doni Rahmat Samulo, menjelaskan bahwa penilaian Camat Terbaik Sumbar 2023 diikuti oleh 16 orang camat dari berbagai kabupaten dan kota di Sumbar.

Proses penilaian dilakukan oleh Tim Penilai yang terdiri dari para pamong senior seperti Drs. H. Aristo Munandar, Drs. Alwis, dan Andri Yulika, SH, M.Hum. Tahapan penilaian dibagi menjadi dua tahap dan dimulai sejak Agustus hingga September 2023.

Berdasarkan penilaian tersebut, Camat Payakumbuh Utara, Jhoni Parlin, S.STP, M.Si terpilih sebagai Camat Terbaik se Provinsi Sumbar dengan total nilai 341,29.

Diketahui sebelumnya, Jhoni Parlin berhasil melahirkan dan menerapkan sejumlah inovasi dalam pelayanan masyarakat, di antaranya inovasi LIMOSIN (Lima Ribu Setiap Senin), LABU MADU MAS (Layanan Bersama untuk menindaklanjuti pengaduan Masyarakat), dan inovasi GELIAT PAYAKUMBUH UTARA (Gerakan peduli masyarakat kecamatan Payakumbuh Utara).

Sementara peringkat kedua diraih oleh Camat Padang Selatan, Kota Padang, Jasman, S.Sos, MM dan peringkat ketiga diraih oleh Camat Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Denny Anggara, S.STP, MEc Dev.

Kemudian, harapan pertama diraih oleh Camat Ampek Angkek Kabupaten Agam, Ekko Espito, SSTP, MA; harapan kedua diraih oleh Camat Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Arief Gani, S.STP; dan harapan ketiga diraih oleh Camat Pariaman Utara, Ahadi Nugraha, S.STP, M.Si.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan bersamaan dengan Malam Resepsi Hari Jadi Provinsi Sumbar ke-78 yang dihadiri oleh seluruh mantan Gubernur/Wakil Gubernur; mantan Dirjen Otda Kemendagri Johermansyah Johan; seluruh unsur Forkopimda Provinsi Sumbar; Bupati/Wali Kota se Provinsi Sumbar; Kepala Instansi Vertikal; dan Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar; serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya. (adpsb).

Pos terkait