Peluncuran Granadar, Langkah Awal Melawan Narkoba di Limapuluh Kota

TOPSUMBAR – Untuk mendukung keberhasilan program prioritas PAAREDI (Pola Asuh Anak di Era Digital) dan merayakan Hari Sumpah Pemuda sekaligus memperingati hari jadi Forum Genre ke-4, TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Limapuluh Kota bekerja sama dengan DP2KBP3A (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak) serta Forum Genre Limapuluh Kota, telah meluncurkan inovasi Granadar (Gerakan Remaja Anti Narkoba dan Anti Rokok) pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Acara ini diadakan di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, dan diluncurkan secara langsung oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi oleh Ketua TP PKK Nevi Safaruddin.

Tak hanya peluncuran inovasi, namun juga diadakan berbagai lomba seperti cipta lagu, desain poster, dan orasi bagi siswa SMP dan SMA sederajat. Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, BNN, Kalapas, Kepala LPKA, para asisten, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin menyoroti meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda, terutama di era digital saat ini, di mana informasi mudah diakses dan tersebar dengan cepat.

Beliau mendorong generasi muda untuk mengambil keputusan secara bijak, dan menekankan peran penting orang tua, guru, dan masyarakat dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja.

Bupati juga mengapresiasi terselenggaranya sejumlah lomba yang digagas oleh Ketua TP PKK, DP2KBP3A, dan Forum Genre.

Keberadaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pengingat dan kampanye efektif terkait bahaya narkoba bagi generasi muda di Limapuluh Kota.

Beliau juga memberikan apresiasi kepada Forum Genre, berharap agar terus semangat dalam mengedukasi dan memberikan informasi kepada remaja di Limapuluh Kota agar mereka menjadi generasi yang memiliki perencanaan kehidupan yang matang, tangguh, menjauhi narkoba, dan memberikan kontribusi dalam pembangunan nusa dan bangsa.

Ketua TP PKK, Ny. Nevi Safaruddin, menekankan bahwa PAAREDI merupakan salah satu program andalan TP PKK, terutama di Pokja I. “PAREEDI dengan inovasi Granadar bertujuan untuk meningkatkan peran keluarga dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga melalui penerapan pola asuh yang tepat,” ujarnya.

Ny. Nevi menambahkan, terselenggaranya kegiatan ini pada bulan sumpah pemuda diharapkan dapat menumbuhkan semangat generasi muda untuk mencintai tanah air, semangat membangun, dan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri, lingkungan, serta masyarakat.

(Ton)

Pos terkait