Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kota Solok

TOPSUMBAR– Dinas Perdagangan dan Koperasi UKM (DPKUKM) Kota Solok menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas kewirausahaan bagi 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Solok. Pelatihan ini dipimpin oleh Veri Kurniawan SE, MBA dari Direktur Tua Sepakat dan Diki Asnur dari Trainer Qualified Training Center, berlangsung selama 3 hari, mulai dari Senin (25 September 2023) hingga Rabu (27 September 2023) di Aula Hotel Taufina.

Pada pembukaan acara, Kepala Dinas DPKUKM, Zulferi SH, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengembangan kewirausahaan di bidang administrasi dan promosi produk. Beliau menambahkan bahwa para peserta, kebanyakan dari mereka adalah pelaku usaha pemula, masih menghadapi berbagai kendala. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat mengatasi tantangan yang dihadapi dalam menjalankan usaha mereka.

“Kita berharap peserta pelatihan dapat meningkatkan penjualan produk mereka secara optimal, sehingga hasilnya dapat membantu memperluas kesejahteraan warga Kota Solok,” harap Kadis DPKUKM.

Bacaan Lainnya

Pada pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan tentang cara mempromosikan produk melalui media sosial, informasi terkait izin usaha yang diperlukan, pentingnya packaging pada produk, serta pelatihan dalam manajemen usaha termasuk pembukuan. Mayoritas peserta adalah pelaku usaha baru, bahkan ada yang baru beberapa bulan memulai usaha.

“Dalam memberikan pelatihan, kami fokus pada kebutuhan sebenarnya dari peserta, agar usaha mereka dapat terus berjalan dan berkembang. Kami mengajak peserta untuk memanfaatkan ilmu yang telah diberikan oleh narasumber,” ucap Dody Amril, Kabid Koperasi Industri dan UKM.

Salah satu narasumber, Diki Asnur, menyatakan antusiasme tinggi peserta sangat memotivasinya untuk memberikan materi dengan semangat.

“Melihat semangat tinggi peserta, saya lebih termotivasi untuk berbagi ilmu, dan berharap apa yang mereka pelajari selama pelatihan dapat diterapkan di tempat kerja masing-masing,” ucap Diki.

Di akhir sesi, Diki menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Solok, terutama kepada Dinas DPKUKM.

“Saya ingin berterima kasih kepada Pemko Solok, khususnya kepada Dinas DPKUKM atas penyelenggaraan pelatihan ini. Semoga tahun depan kita bisa melanjutkan kegiatan serupa untuk peserta-peserta usaha baru,” tutup Diki.

(Gra)

Pos terkait