Kharisma Even Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang, Sukses Besar di Hamparan Sawah Solok

TOPSSUMBAR – Pada tanggal 18 September 2023, Gelaran Kharisma Even Nusantara (KEN) Rang Solok Baralek Gadang yang dimulai pada tanggal 16 September 2023 di Hamparan Sawah Solok resmi ditutup dalam sebuah acara meriah.

Banyak tokoh penting turut hadir dalam acara penutupan ini, termasuk Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Ketua TP PKK Sumatera Barat, Ny. Harnelli Mahyeldi, Anggota DPRD Sumatera Barat, Irzal Ilyas, dan Daswippetra Dt. Mjj. Alam. Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma, juga turut serta bersama berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan acara ini.

Prosesi penutupan dimulai dengan partisipasi 1.900 peserta dari berbagai daerah dalam ‘Bakaua Tulak Bala Padi Tabik’ di Hamparan Sawah Solok.

Bacaan Lainnya

Jefrizal, Ketua Pelaksana dan Asisten II Setdako Solok, melaporkan bahwa acara ini merupakan keberhasilan besar yang tidak hanya melibatkan warga Solok tetapi juga menarik minat masyarakat di luar kota.

Jefrizal menambahkan, “Event Rang Solok Baralek Gadang yang dihadiri oleh lebih dari 20 ribu pengunjung setiap harinya telah berhasil mendorong ekonomi lokal dengan transaksi mencapai miliaran rupiah.”

Para penyelenggara acara juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pemilik sawah yang telah menyediakan tempat untuk acara ini, menjadikannya sebagai bagian penting dari ikon Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Pemerintah Kota Solok atas penyelenggaraan acara ini. Ia menekankan pentingnya acara ini dalam mendukung agenda Visit Sumatera Barat 2023 dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara langsung.

Wakil Gubernur juga menyoroti keberhasilan Kota Solok dalam mencapai Universal Health Coverage tertinggi di Sumatera Barat, pertumbuhan ekonomi yang baik, serta angka kemiskinan dan prevalensi stunting yang rendah.

Wali Kota Zul Elfian Umar menyampaikan rasa syukur atas dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran gelaran Rang Solok Baralek Gadang. Beliau juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan visi ‘Kota Solok Berjuara’ yang mencakup berkah, kemajuan, dan kesejahteraan.

Selain itu, Wali Kota juga mengumumkan rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang dan Stadion H. Marah Adin yang direncanakan akan diresmikan pada tahun 2024.

Setelah sukses menyelenggarakan Rang Solok Baralek Gadang selama tiga hari berturut-turut, Pemerintah Kota Solok bersama seluruh jajaran melakukan gotong-royong untuk membersihkan Hamparan Sawah Solok dari sampah pada tanggal 19 September.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana, menyatakan tekad untuk terus mempertahankan kolaborasi yang telah terjalin dan menjaga kebersihan Hamparan Sawah Solok agar masyarakat merasa senang dan terbebas dari beban membersihkan sampah.

Dengan kebersihan yang terjaga, Wakil Walikota berharap masyarakat akan dengan senang hati meminjamkan lahannya untuk event-event mendatang, seperti event RSBG dalam Kharisma Event Nusantara 2024 dan acara lain yang akan diadakan di hamparan sawah Solok.

(Gra)

Pos terkait