Inovasi Layanan Publik, Aplikasi PANDEKA di Kelurahan Belakang Balok

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi di bawah kepemimpinan Erman Safar saat ini tengah fokus mengedepankan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal tersebut berdampak pada program-program tiap kelurahan. Salah satunya di Kelurahan Belakang Balok Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) Kota Bukittinggi.

“Kami di Kelurahan Belakang Balok ini memberikan dukungan penuh dan menjalankan tugas sesuai arahan yang diberikan pimpinan,” kata Lurah Belakang Balok, Rahdian Aprino, SE., yang akrab dipanggil Ari.

Bacaan Lainnya

Kelurahan Belakang Balok terus giat memperkuat sinergi dengan memprioritaskan kesejahteraan warga dan bagaimana meningkatkan pelayanan. Mereka juga berupaya mencakup masyarakat berpenghasilan rendah untuk lebih terperhatikan.

Mengenai layanan publik, lanjut Ari, di Kelurahan Belakang Balok Kecamatan ABTB, khususnya, mereka memiliki aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kepengurusan administrasi kependudukan di kantor kelurahan.

Aplikasi tersebut bernama Pelayanan, Administrasi, dan Pengaduan melalui WhatsApp (PANDEKA).

Dengan aplikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi mengantre di kantor lurah karena semua proses sudah tercakup dalam satu aplikasi.

Layanan aplikasi ini aktif 24 jam untuk pengaduan, namun mereka akan merespon hanya pada jam dan hari kerja.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinan Walikota Bukittinggi, Erman Safar, kelurahan ini berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugas sebagai lembaga pemberdayaan dan pelayanan terhadap masyarakat.

Salah satu langkah konkret yang diambil adalah mengadakan pelatihan bagi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), RT-RW, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Kelompok Kerja (Pokja) Sehat Kelurahan, dan Kader PKK.

“Sebagai bagian dari jaringan lembaga masyarakat, kami harus mampu bekerja secara sinergis, memahami peran masing-masing, dan menjalankannya dengan baik,” pungkasnya.

(JA)

Pos terkait