Gubernur Sumbar Apresiasi Pendidikan Karakter Berbasis Taruna di SMK Negeri 1 Koto Baru

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memberikan penghargaan atas pola pendidikan karakter berbasis taruna yang diterapkan di SMK Negeri 1 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Menurut Gubernur, pendekatan ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang kuat, disiplin, dan bersemangat dalam nasionalisme.

Pernyataan ini disampaikan oleh Gubernur saat menjadi Inspektur Upacara pada acara Pelantikan Taruna-Taruni Angkatan VI di Lapangan Bhineka Tunggal Ika SMK Negeri 1 Koto Baru, pada hari Senin 30 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Acara ini juga disertai dengan job fair dan Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Minangkabau.

“Saya sangat mengapresiasi penerapan pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK kita ini. Keteraturan dan kedisiplinan adalah dua hal yang sangat penting dalam meraih kesuksesan. Tanamkan nilai-nilai ini dengan penuh optimisme, agar SMK ini dapat menjadi teladan bagi SMK dan SMA lain di Sumbar,” ujar Gubernur.

Menurutnya, pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting di dunia pendidikan. SMKN 1 Koto Baru telah berhasil menerapkan pendidikan karakter dengan pola ketarunaan, yang mengusung prinsip kemiliteran.

“Tindakan ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik kita, terutama dalam hal kedisiplinan dan peningkatan mental. Pemerintah Provinsi Sumbar memberikan dukungannya sepenuh hati terhadap terselenggaranya pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK 1 Koto Baru,” tambahnya.

Gubernur juga memberikan penghargaan atas status SMK N 1 Koto Baru sebagai sekolah unggulan di bidang agribisnis, khususnya dalam pengembangan tanaman perkebunan kelapa sawit.

Sekolah ini juga memimpin penyelenggaraan job fair dengan menggandeng dunia kerja dan industri.

Selain itu, Gubernur menyampaikan upaya implementasi program pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Tujuannya adalah untuk memperkuat usaha mencapai kompetensi dan karakter pelajar.

“Harapannya, ke depan, pelajar kita akan memiliki profil pelajar Pancasila yang kokoh. Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada Kepala Sekolah, para pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat yang telah mendukung berjalannya program-program pendidikan di sekolah ini,” tuturnya.

Pada acara upacara tersebut, Gubernur juga memberikan tanda pelantikan kepada para taruna-taruni, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat, Bupati, Danramil, Kapolres, Kepala SMK Negeri 1 Koto Baru, orang tua pelajar, serta Perwakilan Taruna-Taruni.

(adpsb/cen)

Pos terkait