Gerakan Wisata Bersih, Wakil Gubernur Sumatera Barat Pimpin Aksi Bersih Pantai di Mentawai

TOPSUMBAR – Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy memimpin Aksi Bersih Pantai di Pantai Jati Tua, Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Rabu (4 Oktober 2023).

Wagub menegaskan bahwa sebagai daerah tujuan wisata, kebersihan lingkungan harus menjadi prioritas utama bagi masyarakat Mentawai.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Sumbar, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kepulauan Mentawai terus meningkat, dengan mayoritas dari wisatawan mancanegara (wisman) yang mencapai 95% dari total kunjungan.

Bacaan Lainnya

“Wisatawan dari berbagai negara datang setiap tahun. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar mereka merasa nyaman dan betah berlama-lama,” ujar Wagub Audy.

Aksi bersih pantai ini merupakan inisiatif dari Dinas Pariwisata Sumbar, sekaligus sebagai peluncuran dan sosialisasi Gerakan Wisata Bersih. Kegiatan ini dilaksanakan di sekitar Pantai Jati.

Kepulauan Mentawai merupakan destinasi wisata pantai paling terkenal di Sumbar. Bahkan untuk olahraga selancar, Mentawai termasuk salah satu lokasi terbaik di dunia, dengan ombak yang dapat mencapai 20 meter.

Wagub Audy juga menyoroti 3 daya tarik Mentawai yang tidak dimiliki banyak destinasi lain di Indonesia. Pertama, spot selancar yang menantang. Kedua, spot menyelam yang menakjubkan. Dan ketiga, keberadaan adat dan budaya yang masih asli.

“Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki 32 lokasi untuk selancar. Para wisatawan dapat memilih spot berdasarkan tingkat tantangan yang diinginkan,” tambah Audy.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda menjelaskan bahwa Gerakan Wisata Bersih adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan, terutama di area wisata pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Budi mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan, dengan tujuan membuat Sumbar menjadi salah satu daerah yang nyaman untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

(adpsb)

Pos terkait