Baznas Limapuluh Kota Salurkan Beasiswa Pendidikan untuk 2.394 Pelajar SD dan SMP

TOPSUMBAR – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota telah memulai distribusi beasiswa pendidikan kepada 2.394 pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah tersebut.

Acara penyerahan secara simbolis dilakukan di Aula UPTD SD Negeri 01 Suliki pada Kamis, 12 Oktober 2023. Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, bersama Ketua Baznas Limapuluh Kota, Yulius, menyerahkan beasiswa kepada 424 siswa dari 4 kecamatan, yaitu Guguak, Suliki, Gunuang Omeh, dan Bukit Barisan.

Acara ini bertemakan “Optimalisasi Penguatan Pengumpulan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS)” melalui Baznas Kabupaten Limapuluh Kota.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Afri Efendi, Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Doni Ikhlas dan Putra Satria Very, Kalapas Suliki Kamesworo, Camat Suliki Ali Sabri, dan Camat Gunuang Omeh Apri Yulianto bersama unsur Forkopimca.

Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menjelaskan bahwa pemberian beasiswa pendidikan merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berbudaya sesuai misi pemerintah daerah.

“Bersama Baznas Limapuluh Kota, kita memberikan bantuan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang pendidikan. Saya berharap para pelajar dapat memanfaatkannya sesuai dengan peruntukannya,” tambahnya.

Selain itu, Bupati juga menekankan bahwa program ini diharapkan dapat memotivasi para pendidik untuk memberikan edukasi yang berkualitas, termasuk melalui tontonan dan bacaan yang bermutu.

Hal ini bertujuan agar anak-anak memiliki perlindungan kuat dan selalu waspada terhadap pengaruh buruk di sekitarnya.

Ketua Baznas Lima Puluh Kota, Yulius, menyebutkan bahwa bantuan pendidikan untuk tahun 2023 mencapai 2.394 pelajar dengan total dana bantuan senilai Rp 888.075.000.

Selain bantuan pendidikan, Baznas Limapuluh Kota juga telah menyalurkan zakat di bidang kemanusiaan senilai Rp 1.109.984.000 yang menyasar 2.986 Mustahik, dan di bidang kesehatan senilai Rp 397.900.000 yang menyasar 328 mustahik, serta sejumlah bidang lainnya.

Yulius juga menyampaikan bahwa Pengumpulan Zakat dari ASN Limapuluh Kota hingga Oktober ini mencapai Rp 3.683.503.623.

Dia berharap bahwa program bantuan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pelajar di Limapuluh Kota.

Dalam kegiatan penyerahan bantuan ini, Bupati Lima Puluh Kota juga menyaksikan penandatanganan MOU penyebaran kaleng sedekah subuh barokah oleh SDN 01, SDN 02, SDN 03 Tanjuang Bungo Kecamatan Suliki.

(Ton)

Pos terkait