Apresiasi Gubernur Sumbar terhadap Peran Vital TNI dalam Pembangunan

TOPSUMBAR – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendapatkan penghargaan tertinggi dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah.

Gubernur mengungkapkan pengakuan terhadap peran TNI yang senantiasa turut serta dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan pembangunan di masyarakat Sumatera Barat. Bagi Gubernur, TNI adalah mitra setia bagi warga Sumbar.

Pernyataan ini disampaikan Gubernur setelah menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI di Pantai Cimpago Purus, Kota Padang, pada Kamis 5 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Beliau menambahkan, “Kami senantiasa menghargai kontribusi TNI yang signifikan dalam memajukan masyarakat, baik di sektor pendidikan, kesehatan, maupun berbagai sektor lainnya.”

Mahyeldi menekankan bahwa TNI, sebagai sahabat sejati masyarakat Sumbar, selalu siap bekerja bersama rakyat, terutama dalam situasi darurat dan bencana. TNI juga aktif mempromosikan semangat persatuan, gotong royong, serta memelihara nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi yang mendalam di Sumbar.

“Pemerintah provinsi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, selalu membangun sinergi melalui Forkopimda untuk mengatasi permasalahan strategis di daerah, termasuk dengan TNI. Terlebih lagi, menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, dukungan dari seluruh pihak sangat diperlukan,” tambahnya.

Gubernur juga menyebutkan bahwa Peringatan HUT TNI ke-78 tahun ini tak hanya untuk merayakan sejarah cemerlang TNI, tetapi juga sebagai wujud penghormatan atas pengorbanan dan dedikasi luar biasa para prajurit dan pahlawan yang memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan bangsa.

“Sejarah panjang terbentuknya TNI juga menggambarkan peran serta masyarakat Sumbar pada masa lalu, yang turut tergerak untuk berbakti kepada negeri. Antusiasme warga Sumbar saat itu begitu menggebu,” papar Gubernur.

Mahyeldi menjelaskan bahwa pada tahun 1946, Kota Bukittinggi ditetapkan sebagai pusat komando Pulau Sumatera bagi TKR yang kemudian berganti nama menjadi TRI (Tentara Republik Indonesia), dengan Jenderal Mayor Soehardjo Hardjowardjojo sebagai Komandan. Selain kekuatan di darat, TRI di Sumbar juga memiliki kekuatan di laut yang dikenal sebagai Tentara Keamanan Rakyat Laut atau TKR Laut, yang kemudian berganti nama menjadi Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Sumbar, dengan pangkalan di Kota Pariaman.

“Masyarakat Sumbar sejak awal terbentuknya TNI telah mendukung dan mengilhami semangat patriotisme bagi bangsa dan negara ini,” tegasnya.

Hadir dalam acara ramah tamah ini adalah Wakil Ketua DPRD Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wirabraja, Danlantamal II/Padang, Danlanud Sutan Sjahrir, Kajati Sumbar, OPD Provinsi Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Kabinda Sumbar, Wali Kota Padang dan juga Pimpinan instansi/lembaga vertikal, BUMN/BUMD, dan undangan lainnya.

(adpsb)

Pos terkait