7 Fakta Unik saat Perayaan HUT Sumatera Barat ke-78 Tahun yang Wajib Diketahui

Perayaan HUT Sumatera Barat ke-78 di Gedung DPRD Sumbar, Minggu 1 Oktober 2023. (foto: Topsumbar.co.id)

4. Sejarah HUT Sumatera Barat

Sesuai dengan Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 4 Tahun 2019 tentang Hari Jadi Sumatera Barat, tanggal 1 Oktober 1945 dijadikan sebagai titik tolak Hari Jadi Sumatera Barat karena KNID-SB (Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Barat).

Dalam rapat KNID-SB tanggal 1 Oktober 1945 memutuskan untuk membentuk kembali keresidenan Sumatera Barat dan mengambil alih kekuasaan dari pendudukan Jepang.

Oleh sebab itu, pada setiap tanggal 1 Oktober sebagai salah satu rangkaian peringatan hari jadi Sumatera Barat dilakukan Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

1 Oktober 2023, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat ke-78. Tema yang Kita usung pada hari jadi kali ini yaitu “Sumbar Terus Maju menuju Sejahtera “, dengan harapan tema ini dapat memotivasi kita bekerja dan mengabdi lebih baik lagi untuk kemajuan pembangunan daerah yang kita cintai ini.

Tanggal 1 Oktober 1945, merupakan Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat sebagai kesatuan masyarakat dan daerah dalam kerangka NKRI.

Penetapan tanggal 1 Oktober 1945, tentu tidak mengurangi makna dan eksistensi daerah Sumatera Barat yang telah ada jauh sebelum penetapan Hari Jadi tersebut.

Sejarah perjalanan panjang provinsi Sumatera Barat, baik sebelum maupun setelah ditetapkan Hari Jadi Sumatera Barat pada tanggal 1 Oktober 1945, telah membawa daerah pada kondisi yang mengalami pasang surut.

Banyak kemajuan-kemajuan yang telah di capai dalam peradaban kehidupan masyarakat Sumatera Barat, namun tentu saja masih banyak kekurangan- kekurangan yang perlu kita benahi bersama.

Pos terkait