Pameran Foto Terbesar di Bukittinggi, Kolaborasi LKBN ANTARA & KITLV

Pameran Foto Terbesar di Bukittinggi, Kolaborasi LKBN ANTARA & KITLV

popsumbar – Kota Bukittinggi kini menjadi tuan rumah bagi pameran foto terbesar di Sumbar.

Pameran ini memamerkan sebanyak 126 foto unggulan dari jurnalis Kantor Berita ANTARA, Koninklik Instituut Voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) Leiden, Belanda, dan juga komunitas fotografer Sarekat Sumatra.

Peresmian di Pelataran Jam Gadang

Bacaan Lainnya

Direktur Utama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA, Achmad Munir, bersama Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, meresmikan acara ini di pelataran Jam Gadang pada Jumat 22 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Stasiun TVRI Sumbar, Ketua PWI Sumbar, perwakilan Pemerintah Provinsi Sumbar, Forkopimda Sumbar dan Pemkot Bukittinggi, Dirut RSAM Bukittinggi, Kalapas Bukittinggi, serta kepala dinas di Kota Bukittinggi.

Sejarah dan Komitmen LKBN ANTARA

Kata Akhmad Munir, ANTARA didirikan oleh tokoh jurnalis dari Sumatra Barat. ANTARA adalah alat perjuangan negara yang tetap menjalankan tugasnya untuk bangsa hingga kini.

Munir juga menambahkan bahwa kota Bukittinggi, yang memiliki sejarah yang kuat dalam pendirian bangsa Indonesia, menjadi pilihan sebagai lokasi pameran foto.

“Kami mendukung upaya pemerintah daerah, khususnya Bukittinggi, untuk mengembangkan potensinya di bidang pariwisata,” ujar Munir.

Bukittinggi sebagai Pusat Pameran Foto

Bukittinggi merupakan kota ketiga di Indonesia yang menyelenggarakan pameran foto setelah Jakarta dan Medan.

“Semoga Pameran Selayang Minang ini dapat mendidik serta menghibur masyarakat. Menjadi pendorong lahirnya pameran dokumentasi hasil karya jurnalistik di Sumatera Barat,” harap Munir.

Dukungan dan Apresiasi dari Wali Kota Bukittinggi

Erman Safar, Wali Kota Bukittinggi, mengapresiasi LKBN ANTARA. “Kami terinspirasi oleh Pameran Fotografi Jurnalistik ini untuk menjadikan Bukittinggi sebagai pusat jurnalistik di Indonesia,” ujar Safar.

Menurut Safar, jurnalis memiliki peran penting dalam mengubah persepsi sebuah kota.

“Kami menghargai kontribusi jurnalis yang dapat mengubah kota biasa menjadi kota terbaik. Peran media juga penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan jurnalistik,” tambahnya.

“Kami berterima kasih kepada ANTARA yang telah memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi melalui kunjungan ke Jam Gadang dan Pasa Ateh. ANTARA juga akan mendukung kami dalam acara penghargaan Jam Gadang Award,” pungkas Safar.

(JA)

Pos terkait