Menuju Sumbar Emas 2045: Misi Pendidikan Gubernur Mahyeldi

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melakukan penanaman pertama batu untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri 1 Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, pada Kamis (28 September 2023). Proyek ini ditargetkan selesai dalam waktu dekat agar dapat beroperasi pada tahun ajaran 2024/2025.

Mahyeldi menyatakan, “Peluang kerja di masa yang akan datang bagi siswa sekolah kejuruan sangat banyak, terutama dalam bidang perkapalan dan pertambangan.”

Gubernur menjelaskan bahwa pembangunan USB baru merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumbar. Ia berharap lulusan SMK perkapalan dan pertambangan akan turut mendukung rencana pemerintah dalam mengembangkan daerah Air Bangis sebagai salah satu pelabuhan terbesar di utara Sumbar.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan Air Bangis, menunjukkan keseriusan kita dalam meningkatkan SDM, dan mempersiapkan generasi mendatang,” ujar Gubernur.

Gubernur menambahkan bahwa di SMK Perkapalan dan Pertambangan Sungai Beremas, para pelajar juga akan mendapatkan materi ajar dan praktik seputar teknik perkapalan. Hal ini akan menghasilkan lulusan-lulusan yang menguasai seluk beluk mesin perkapalan, yang dapat langsung terserap oleh dunia kerja di Pelabuhan Air Bangis dan Pelabuhan Teluk Tapang.

Pemerintah Provinsi Sumbar, melalui Mahyeldi, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat terus mendukung penerapan Peraturan Presiden (Perpres) No. 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan SDM yang kompeten, produktif, dan berdaya saing dalam rangka menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“Harapan kita lulusan SMKN 1 Sungai Beremas mampu bersaing di dunia kerja, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, bahkan menciptakan lapangan kerja sendiri. Oleh karena itu, upaya ini juga sejalan dengan program unggulan Sumbar, yaitu mewujudkan 100.000 entrepreneur muda untuk menopang ekonomi Sumbar,” tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, dalam laporannya menyebutkan bahwa pembangunan USB di Sumbar pada tahun ini berjumlah lima unit. Untuk tahun 2024, direncanakan sebanyak 10 USB.

“SMK N 1 Sungai Beremas adalah salah satu dari lima sekolah baru yang dibangun di Sumbar, di mana dua di antaranya berada di Kabupaten Pasaman Barat. Sementara itu, tiga lainnya terdiri dari satu SLB dan satu SMK di Lima Puluh Kota, serta satu SMA di Kota Padang,” kata Barlius.

Ia menyampaikan bahwa SMK N 1 Sungai Beremas direncanakan terdiri dari bangunan dua tingkat, yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare (ha). Tahap pertama proses pembangunan meliputi pengerjaan lantai I yang terdiri dari enam lokal serta satu kantor.

“Kontraktor yang mengerjakan proyek ini adalah CV Anak Asyit Pratama, dengan nilai kontrak sebesar Rp3,6 miliar. Target pengerjaan adalah selama 150 hari kalender, dan diharapkan selesai pada tanggal 25 Desember 2023. Setelah penanaman batu pertama ini dilakukan, kita berharap dukungan dari semua pihak, termasuk ninik mamak dan tokoh masyarakat setempat, sehingga pembangunan sekolah ini dapat segera terwujud,” harapnya lagi.

Dalam agenda ini, turut hadir Bupati Pasaman Barat Hamsuardi beserta jajarannya, Kapolsek Sungai Beremas, Danramil Sungai Beremas, Camat Sungai Beremas, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Beremas, dan Kepala SMK dan SMA se-Kabupaten Pasaman Barat, serta tamu undangan lainnya.

(adpsb)

Pos terkait