Maulid Nabi Muhammad SAW: Tausiyah Menginspirasi dari Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah

TOPSUMBAR – Pada malam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Ampek Lingkuang, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (27 September 2023), Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memberikan tausiyah. Beliau mengingatkan pentingnya menjalani kehidupan sesuai ajaran Baginda Rasulullah.

Gubernur mengajak untuk berdoa kepada Allah sebanyak 17 kali setiap hari, memohon petunjuk di jalan yang lurus, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh mereka yang diberi nikmat oleh Allah. Bahkan ketika sudah beragama Islam, pada setiap raka’at salat, ayat keenam dan ketujuh surat Al Fatihah diperhatikan.

Lebih lanjut, Gubernur menekankan perlunya terus berdoa agar tetap berada di jalan yang lurus, seiring dengan orang-orang yang mendapat nikmat tersebut. Iman seseorang bisa bertambah atau berkurang, oleh karena itu, memohon kepada Allah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas iman sangat penting.

Bacaan Lainnya

Gubernur juga menjelaskan tafsir dari ayat keenam dan ketujuh surat Al Fatihah, yang dapat ditemukan di surat An Nisa ayat 69. Orang-orang yang diberi nikmat termasuk para nabi, pecinta kebenaran, syuhada, dan orang-orang saleh.

Selain itu, seorang muslim harus menjaga keimanannya hingga akhir hayatnya. Allah memerintahkan agar seluruh hambaNya tetap dalam keadaan berislam dan beriman hingga ajal tiba. Iman dapat ditingkatkan melalui amal baik dan mengikuti jejak mereka yang mendapat nikmat. Sebaliknya, iman akan merosot jika terjerumus dalam hawa nafsu.

Gubernur menyimpulkan dengan mengatakan bahwa inilah makna pentingnya berdoa 17 kali sehari, untuk tetap berada di jalan yang lurus, walaupun kita mungkin merasa sudah berada di jalur yang benar.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, beserta jajaran, Ketua Masjid Ampek Lingkuang Ir. Aldo Restu, serta Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat setempat.

Kehadiran Gubernur Mahyeldi di masjid tertua di Lubuk Alung juga didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi; Kepala Satpol PP Sumatera Barat, Irwan; Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumatera Barat, Mursalim, beserta jajaran pejabat dan aparatur di lingkup Pemprov Sumatera Barat lainnya.

(adpsb)

Pos terkait