Gubernur Mahyeldi Mendorong Peningkatan Ekonomi Melalui Bantuan Hewan Ternak di Pasaman Barat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat  Mahyeldi Ansharullah memimpin penyerahan bantuan hewan ternak kepada sejumlah Kelompok Tani (Keltan) Ternak di UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) Ruminansia Aie Rundiang Kab. Pasaman Barat pada Kamis (28 September 2023). Gubernur Mahyeldi menyampaikan harapannya agar para anggota kelompok tani ternak dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga usaha mereka dapat terus berkembang.

Jenis hewan ternak yang diserahkan meliputi itik, ayam, puyuh, kambing, dan vaksin PMK. Bantuan untuk jenis hewan ternak Ayam diberikan kepada Keltan Sinar, Keltan Bina Tani, Keltan Bolak, Keltan Simpang Gadang sejahtera, Keltan Mawar Mekar. Bantuan hewan ternak Itik diberikan kepada KWT Duren Sari, KWT Nusa Indah, KWT Kasih Ibu, KWT Srikandi Ibu, KWT Srikandi Tani, dan KWT Sri Murni. Sedangkan bantuan hewan ternak Puyuh diserahkan kepada Keltan Harapan dan Kelta Sembodo. Terakhir, bantuan hewan ternak Kambing diberikan kepada Keltan Sri Jaya I, Keltan Karya Mandiri, Keltan Air Terjun, dan KWT Citra Mandiri.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, Pemprov Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp.44.932.848.440 untuk belanja barang berupa hewan ternak, dengan tujuan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan kelompok tani ternak di seluruh Sumbar. Pasaman Barat mendapatkan alokasi bantuan senilai Rp.5.695.097.550.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Zed Abbas, menjelaskan bahwa bantuan ini hanya dapat diterima oleh kelompok tani ternak yang telah terdaftar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai pendamping para kelompok tani ternak, kami berharap program unggulan ini yang digagas oleh Gubernur Mahyeldi dapat meningkatkan nilai tambah dan kesejahteraan masyarakat tani di Sumbar.

(adpsb)

Pos terkait