Bukittinggi Tuan Rumah Pameran Selayang Minang LKBN ANTARA

Bukittinggi Tuan Rumah Pameran Selayang Minang LKBN ANTARA
Bukittinggi Tuan Rumah Pameran Selayang Minang LKBN ANTARA

TOPSUMBAR – LKBN ANTARA melalui Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) akan menggelar pameran fotografi “Selayang Minang” selama dua minggu di Bukittinggi, Sumatera Barat.

“Pameran ‘Selayang Minang’ akan dibuka Jumat 22 September dan berakhir Oktober. Ini merupakan kali pertama diadakannya di Bukittinggi,” ungkap Kabiro ANTARA Sumbar, Irwan, pada Selasa 19 September 2023.

Pameran ini dapat dinikmati gratis oleh masyarakat dan pengunjung di pusat kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Ratusan foto bertema Minangkabau dengan beragam bahan dan ukuran besar akan dipajang dari area Jam Gadang hingga Gedung Pasa Ateh Bukittinggi.

“Rata-rata ukuran foto mencapai satu meter dengan bahan cetak foto dan kain. Display saat ini telah disiapkan di Pasa Ateh. Pemkot Bukittinggi mendukung penuh acara ini,” lanjut Irwan.

Dukungan juga datang dari Koninklik Instituut Voor Taal Land en Volkenkunde (KITLV) yang berbasis di Leiden, Belanda.

Pameran akan memperlihatkan potensi wisata Sumatera Barat melalui karya fotografer ANTARA dan arsip foto KITLV.

Foto-foto profesional dari LKBN ANTARA dihadirkan langsung dari Jakarta.

“Redaksi Foto ANTARA rutin menggelar pameran fotografi di Indonesia sebagai bentuk edukasi dan layanan kepada masyarakat,” tambah Irwan.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyambut positif pameran ini dan berharap menjadi inspirasi untuk kegiatan serupa di daerahnya.

“Kami sering mengadakan lomba fotografi dengan hasil menakjubkan. Namun, belum pernah mengadakan pameran. Pameran dari LKBN ANTARA ini diharapkan bisa menjadi pionir,” kata Erman.

Erman menegaskan dukungannya dengan menyediakan Gedung Pasa Ateh sebagai lokasi pameran dan area Jam Gadang untuk peresmian yang direncanakan dibuka oleh Direktur Utama Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir.

“Kami mendukung setiap acara positif di Bukittinggi. Pameran ini akan meningkatkan kunjungan, mendukung UMKM, dan memberikan edukasi fotografi. Kami juga berencana mengadakan Coaching Clinic bersama profesional LKBN ANTARA,” tutup Wako.

(JA)

Pos terkait