15 Daerah Penghasil Sawit di Sumatera Barat Siapa Rajanya?

15 Daerah Penghasil Sawit di Sumatera Barat Siapa Rajanya?. (Foto : Dok. Istimewa)
15 Daerah Penghasil Sawit di Sumatera Barat Siapa Rajanya?. (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Di Sumatera Barat, sebagai salah satu daerah penghasil sawit utama di Indonesia, kelapa sawit mendominasi roda ekonomi provinsi dan tampil sebagai komoditas primadona.

Melalui data yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, di https://sumbar.bps.go.id/ kita dapat melihat seberapa signifikan peranan kelapa sawit di Sumatera Barat ini.

Secara total, luas lahan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Barat mencapai angka 326.848 hektare. Jika dilihat dari skala nasional, angka tersebut menyumbang sekitar 4,2% dari keseluruhan lahan perkebunan kelapa sawit yang ada di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hal ini menandakan bahwa Sumatera Barat memainkan peran penting, meski tidak dominan, dalam produksi kelapa sawit di tingkat nasional.

BACA JUGA : Dorong Pengembangan Kelapa Sawit Rakyat, Distan Agam Gelar Sosialisasi STDB Bagi Poktan Calon Penerima Program

Sebaran Perkebunan Menurut Kabupaten/Kota

Di antara 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, ada beberapa yang terkenal sebagai daerah dengan luasan perkebunan kelapa sawit yang signifikan.

Dua yang paling menonjol adalah Kabupaten Pasaman Barat dan Dharmasraya.

Daftar berikut ini memperlihatkan 15 daerah penghasil sawit unggulan di Sumatra Barat:

Pos terkait