10 Kumpulan Film-film di Sumatera Barat, Terbaru hingga Film Jadul Budaya Minangkabau

0 Kumpulan Film-film di Sumatera Barat, Terbaru hingga Film Jadul yang Bertema Budaya Minangkabau.(foto: Dok istimewa)
0 Kumpulan Film-film di Sumatera Barat, Terbaru hingga Film Jadul yang Bertema Budaya Minangkabau.(foto: Dok istimewa)

TOPSUMBAR – Saat ini, segala jenis film genre yang mengangkat budaya Indonesia ada dimana-mana.

Berbicara tentang Sumatera Barat (Sumbar), apa yang akan kamu pikirkan. Apakah itu makanan atau objek wisata.

Tidak terkecuali budaya Minang, bahasanya yang khas serta kulinernya yang menggugah selera untuk memamerkannya ke dalam layar kaca.

Bacaan Lainnya

Ternyata selain terkenal dengan orang Merantaunya, Sumatera Barat juga terkenal dengan film dan novelnya yang dikatakan film-film lawas yang cukup terkenal.

Menjadikannya hiburan untuk ditonton juga bisa menjadi sarana memperkenalkan dan melestarikan budaya.

Berikut beberapa film Indonesia yang telah meningkatkan budaya Minang dan memperkaya sinema Indonesia dari segi budaya, masakan, bahasa, lanskap, dan filosofi warisan:

1. Soenting Melajoe (2023)

Kisah perjuangan Roehana Koeddoes, wartawati pertama Indonesia dijadikan film drama biografi berjudul Soenting Melajoe.

Untuk pertama kalinya kisah Roehana Koeddoes pahlawan nasional dan wartawati pertama Indonesia difilmkan. Film drama biografi perempuan asal Koto Gadang Agam, Sumatra Barat itu diberi judul Soenting Melajoe.

Pemutaran perdana film produksi TVRI Sumbar ini dilakukan di bioskop CGV Padang, Pasar Raya, Sabtu (2/9/2023). Berdurasi sekitar satu setengah jam, kisah Roehana Koeddoes dalam memperjuangkan hak perempuan untuk mendapat pendidikan di kampungnya ini berhasil membius penonton.

Lika-liku perjuangan Roehana agar perempuan di sebuah desa terpencil dapat menikmati pendidikan selayaknya lelaki, hingga dapat membantu ekonomi ini mendapat respons antusias penonton.

Dikisahkan, Roehana lahir dan hidup di keluarga moderat, sejak kecil ia sudah bisa membaca menulis, kepandaian yang jarang dimiliki perempuan saat itu.

Film ini diproduseri oleh Budi Darmawansyah dan disutradarai Maqri Nelvi Lubis bersama Budi Darmawansyah. Sedangkan Roehana Koeddoes diperankan oleh Ardanela, mahasiswa asal Universitas Negeri Padang. Naskahnya sendiri ditulis oleh Hendra Makmur, seorang jurnalis yang juga anggota Dewan Redaksi Langgam.id.

Berkat kerja keras dan support semua tim tersebut, TVRI berhasil membuat film yang melibatkan 70 orang pameran baik utama maupun figuran.

2. Ondeh Mandeh (2023)

Onde Mande merupakan film Indonesia terbaru yang disutradarai oleh Paul Agusta dan akan segera tayang pada 22 Juni 2023 mendatang.

Film yang berhasil menyatukan kembali Shenina Cinnamon dan Emir Mahira dalam satu proyek ini berlatar di sebuah daerah sekitar Danau Maninjau, Sumatera Barat. Salah seorang warga, Angku Wan (Musra Dahrizal) memenangkan undian sebesar 2 Milyar dari perusahaan sabun. Ia berniat menggunakan uang itu untuk memajukan daerahnya. Namun sebelum sempat mengklaim hadiah, Angku Wan meninggal dunia.

Akhirnya para warga menyusun rencana untuk tetap bisa mengklaim hadiah itu meski sang pemenang undian telah meninggal dunia.

Pos terkait