Semarak, Pekan Budaya Limapuluh Kota Dimulai

Semarak, Pekan Budaya Limapuluh Kota Dimulai
Semarak, Pekan Budaya Limapuluh Kota Dimulai

TOPSUMBAR – Pembukaan pekan Budaya Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung semarak, di Halaman Kantor Bupati, Kawasan Bukik Limau Sarilamak, Senin, 7 Agustus 2023.

Kegiatan Pekan Budaya ini, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat di wakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah MM, didampingin Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Dandim 0603/50 Kota Letkol Infantri Adri Asmara, Kapolres Lima puluh Kota AKBP Ricardo Condrat Yusuf, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, S.I.K, MH, Kajari Payakumbuh Suwarsono, SH, Ketua DPRD Kab. Lima Puluh Kota Deni Asra, S.Si.

Dalam arahannya Bupati Safaruddin berharap melalui Pekan Budaya meningkatkan pemahaman dan pangaktualisasian nilai-nilai Budaya sehingga tidak hanya terwujud dalam kegiatan seremonial belaka.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, melemahnya nilai-nilai budaya Minangkabau karena perkembangan zaman dan era globalisasi menjadi salah satu pertimbangan dilaksanakannya pekan budaya.

“Kita harap melalui berbagai perlombaan dan festival yang diadakan diharapkan akan membangkik batang tarandam dan memperkuat kembali nilai-nilai budaya Minangkabau,”katanya.

Sebelumnya, panitia pelaksana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota mengatakan Pekan Budaya diharapkan mampu menggali, membina, dan mengembangkan seni dan budaya di Limapuluh Kota .

Adapun beberapa bentuk kegiatan dalam kegiatan ini diantaranya, Pawai Budaya, Festival Randai, Lomba Tari Minang Kreasi, Lomba Qasidah Rebana, Lomba Pop Minang, Lomba Talempong Pacik, Bercerita Lagenda Minangkabau, Penampilan Seni tradisi dan Kreasi, Pameran Budaya dan UMKM, Atraksi Seni dan Budaya Anak Nagari.

“Kegiatan berakhir pada 12 Agustus mendatang yang melibatkan anak nagari utusan kecamatan se Kabupaten Lima Puluh Kota, utusan sekolah, serta forkopimda Limapuluh Kota,” ungkapnya. (Ton)

Pos terkait