Paskibraka Kota Solok Sukses Kibarkan Sang Merah Putih, Pemko Solok Bangga dan Berterima Kasih

TOPSUMBAR – Para pelajar SLTA sederajat se-Kota Solok yang terpilih dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sukses menjalankan tugas dengan baik dan lancar mengibarkan Sang Merah Putih di langit Kota Solok dalam rangka Upacara Bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kamis 17 Agustus 2022 di Lapangan Merdeka Kota Solok.

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar bertindak sebagai Inspektur Upacara, didampingi Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, melaksanakan upacara HUT RI ke-77 yang mengambil tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Perwira Upacara Kapten Inf. Heryanta dari Kodim 0309 Solok. Turut hadir Ketua DPRD Kota Solok, Forkompimda Kota Solok, ASN, perwakilan pelajar dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara oleh Lettu Inf. Piarajo Haloho kepada Wali Kota Solok selaku Inspektur Upacara kemudian pembacaan Pancasila. Setelah itu dilanjutkan dengan pengibaran Sang Merah Putih oleh anggota Paskibraka.

Bertidak sebagai Komandan Pasukan Sersan Dua Andri Silvia, beserta empat orang pengawal berasal dari Kodim 0309/Solok. Pembawa Baki, Salma Andofa, berasal dari SMAN 1 Kota Solok, Danton kelompok 17 dan dibantu dua orang Danton kelompok 45 atas nama Fabian Alfalah dari SMAN 1 Kota Solok. Sebagai petugas pengibar bendera merah putih M. Ridho Habibbullah dari SMAN 1 Kota Solok, M. Dwika Aurelio dari SMAN 3 Kota Solok dan M. Irfan Maulana dari SMAN 1 Kota Solok.

Pada akhir upacara, Wako serahkan berkas remisi kepada dua warga binaan Lapas IIB Kota Solok serta penyerahan CSR dari Bank Nagari sejumlah Rp130 juta dan deviden Bank Nagari sejumlah Rp18.833.408.845.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Nurzal Gustim, selaku pembina Paskibraka Kota Solok saat diminta keterangan usai upacara penurunan bendera, Kamis (17/8) sore mengungkapkan rasa bangganya atas kesuksesan Paskibraka Kota Solok 2023 dalam mengemban amanat yang diberikan.

“Alhamdulillah, upacara penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih berjalan dengan lancar dan sukses. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah membantu dalam menyukseskan peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, terutama kepada ananda kami anggota Paskibraka Kota Solok Tahun 2024 yang telah memberikan segala daya dan upayanya dalam kegiatan yang penting ini,” ungkap Kadispora.

Nurzal Gustim menambahkan, pasukan pengibar bendera tahun ini menempuh latihan selama 20 hari dimulai dari tanggal 27 Juli s.d 15 Agustus 2023 di Lapangan Merdeka dan melewati proses seleksi ketat dari personil Kodim 0309/Solok.

“Sebagai pembina kami cukup lega dan suatu kebanggaan pelatihan yang kami lakukan bersama tim pelatih mampu mengantarkan 65 anggota Paskibraka menjalankan tugasnya dengan baik,” tutur Nurzal Gustim.

Fabian Alfalah, bertugas sebagai Komandan Pleton Paskibraka Kota Solok Tahun 2023 dari SMAN 1 Kota Solok. Dia mengaku sangat lega dan terharu karena tugas berat yang dipikul berbuah dengan manis.

“Tidak sia-sia latihan dan kerja keras selama 20 hari berturut-turut yang kami kerjakan, upacara pengibaran bendera berjalan dengan khidmat dan lancar. Keberhasilan ini semakin menebalkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

(gra)

Pos terkait