Membeli Laki-laki Minangkabau, Budaya Uang Japuik di Padang Pariaman Sumatera Barat

Budaya Uang Japuik di Pariaman Provinsi Sumatera Barat. (foto: Topsumbar.co.id)

Setelah sepakat dari kedua belah pihak maka disanalah terjadinya ijab dan qobul. Saat tahap terakhir ini mengatakan bahwa secara adat nikah mamak dengan mamak. Telah terjadinya hubungan silahturahmi antara kedua belah pihak secara adat.

Ijab dan Qobul

Setelah mendapatkan kata sepakat mengenai nilai Uang Japuik, uang hilang, uang suka sama suka dan uang niniek mamak antara pihak perempuan dan laki-laki, maka selanjutnya dilakukan ijab. Ijab ini dinyatakan oleh pihak perempuan, bahwasanya telah sah jemputan lima mas, uang suka sama suka atau uang hilang misalnya Rp15 juta dan uang ninik mamak Rp2 juta. Diterima oleh pihak laki-laki nantinya yang dipandu oleh salah seorang pemuka adat untuk proses ijab dan qobul secara adat tersebut.

Namun bagaimana jika misalnya diantara kedua mempelai bukanlah orang Pariaman. Maka hal itu tetap melakukan proses nya. Hanya saja itu bagaimana nantinya kedua calon mempelai yang menghitung uang japuik dan uang hilangnya. Ada juga beberapa dari orang luar yang mengikuti adat Pariaman ini. Ada juga yang tidak, namun tidak boleh memberitahukannya pada siapapun kecuali keluarga kedua calon mempelai saja. Karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak-tidak nantinya di masyarakat.

Bacaan Lainnya

Dalam tradisi uang japuik sekarang ini sudah banyak sekali oknum yang menyalahgunakan tradisi tersebut, kebanyakan pihak keluarga laki laki sengaja mematok jumlah Uang Japuik kepada pihak perempuan sehingga kebanyakan keluarga perempuan tidak mampu memenuhi jumlah uang japuik yang ditentukan tersebut.

Pada saat ini semakin tinggi pangkat atau pendidikan seorang laki laki di Pariaman maka akan semakin mahal uang japuik yang akan diterima oleh pihak laki laki, Uang Japuik bisa mencapai 30-50 juta jika pendidikan laki lakinya semakin tinggi.

Dampak lainya, bisa menyebabkan batalnya pernikahan karena Uang Japuik yang terlalu tinggi. Harusnya Uang Japuik laki laki itu tidak disebutkan berapa jumlahnya, tetapi seharusnya uang japuik laki laki itu hanya semampu perempuan yang ingin menikah dan sudah disepakati oleh kedua keluarga yang bersangkutan.

(HT/Wandy)

Pos terkait