Megah Seperti Kastil Kerajaan! Ini 5 Masjid di Sumatera Barat yang Terindah dan Populer dengan Arsitektur Unik hingga Viral di Media Sosial

4. Masjid Samudera Illahi Painan

Masjid Terapung ini terletak di kawasan wisata Pantai Carocok Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Masjid yang yang mempunyai 2 menara setinggi 32 meter ini dibangun di tanah seluas 1.795 meter persegi ini bisa menampung kira-kira 300 orang jemaah. Sembari datang ke Pantai Carocok Painan, anda terhitung bisa sekalian beribadah di masjid tersebut.

Bacaan Lainnya

Masjid yang baru diresmikan 2 Tahun ini tak kalah menariknya dari masjid megah di kota lainnya.

Dibangun di atas tanah seluas 1.795 meter persegi, masjid ini bisa menampung kira-kira 300 orang jamaah.

Masjid ini tidak dulu sepi pengunjung, tak hanya berada di kawasan wisata pantai Carocok, bangunan yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Keindahan masjid ini bakal menjadi nampak kala air laut kembali pasang. Air laut bakal mengelilingi kira-kira masjid sehingga masjid ini nampak seperti mengapung di atas air.

5. Masjid Agung Al-Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin adalah masjid terbesar di Kota Solok, yang menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah.

Masjid ini menjadi tempat aktivitas keagamaan skala regional seperti tabligh akbar dan pertemuan jemaah, khususnya di Kota Solok.

Dibangun sejak 2009 bersama dengan biaya pembangunan Rp36,63 miliar, peresmian masjid disahkan oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Nasaruddin Umar pada 14 Desember 2011.

Pembangunan dijalankan mengandalkan dana Rp35,45 miliar berasal dari APBD Kota Solok dan infak yang terhimpun sebesar Rp1,18 miliar.

Masjid ini pertama berdiri sejak 1984 dan sementara itu belum menyandang status sebagai masjid agung.

Namun, bangunannya rusak berat sehabis kronologis gempa bumi pada Maret 2007. Pembangunan ulang di awali pada 20 Agunstus 2009.

Bangunan utama bersifat ruang shalat terdiri dari dua lantai bersama dengan denah ruang 35 × 35 meter.

Arsitekturnya terinspirasi berasal dari Masjid Atta’Awun di Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Salah satu ciri Masjid Agung Al Muhsinin yaitu bangunannya ikonik dan sementara ini menjadi lambang Kota Solok dan berjuluk Kota Beras Serambi Madinah yang sangat kental nuansa Islami.

Masjid bersama dengan model arsitektur yang unik dan sama seperti bangunan Masjidil Haram ini ramai dikunjungi untuk beribadah atau hanya sekadar untuk menyaksikan keindahan bangunannya saja.

Tak hanya bangunannya saja yang unik dan mewah, masjid ini menyediakankan tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan para pengunjung.

Itulah Deretan Masjid di Sumatera Barat yang Arsitekturnya yang unik dan terindah hingga populer di media sosial. Kamupun bisa beribadah sambil berwisata religi di tempat ini karena kontruksi yang unik dan fasilitas yang memadai sehingga membuat pengunjungnya betah berlama-lama di tempat ini. (AA)

Pos terkait