Megah Seperti Kastil Kerajaan! Ini 5 Masjid di Sumatera Barat yang Terindah dan Populer dengan Arsitektur Unik hingga Viral di Media Sosial

TOPSUMBAR – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang terkenal bersama dengan wisata alam dan kulinernya.

Provinsi Sumatera Barat tidak hanya dikenal bersama dengan Seribu Rumah Gadang yang menjadi bukti bahwa tradisi Minangkabau begitu kuat di Sumatera Barat ini.

Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi yang khas akan kuliner dan wisata alamnya, ternyata terhitung bersama dengan wisata religinya.

Bacaan Lainnya

Provinsi ini punya bangunan-bangunan masjid yang sangat indah dan punya arsitektur unik sehingga terhitung punya nilai budaya, sejarah, dan agama.

Masyarakatnya yang mayoritas muslim, hingga membawa dampak bangunan-bangunan masjid yang ditemukan diberbagai sudut desa dan kawasan perkotaan sekalipun.

Dari faktor arsitektur, umumnya masjid di Sumatera Barat ini, punya arsitektur yang begitu indah di pandang dan begitu nyaman waktu beribadah di dalamnya.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, beberapa masjid yang punya style arsitektur unik yang sangat akan nilai budaya, sejarah, serta agama.

Memiliki arsitektur yang unik dan megah, tiap-tiap masjid yang terdapat di Sumatera Barat selamanya membawa takaran nilai budaya dan sejarah.

Bahkan salah satu masjid termegah di Sumatera Barat dan masuk 7 jajaran masjid terindah di dunia dengan tidak meninggalkan ciri khas tempat Minangkabau.

Di masa teknologi informasi ini, ternyata keindahan-keindahan masjid di Sumatera Barat itu menjadi perhatian para anak muda untuk diabadikannya lewat foto-foto yang sangat menakjubkan.

Yuk, intip masjid-masjid terindah bersama arsitektur unik yang tersedia di Sumatera Barat di bawah ini:

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan ikonnya kota Padang. Masjid Raya Sumatera Barat adalah masjid terbesar di Ranah Minang yang terletak di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Masjid yang dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang ini merupakan masjid terbesar dan termegah yang ada di Sumatera Barat.

Masjid Raya Mahligai Minang ini didesain yang memiliki banyak pintu. Karena suasana inilah masjid ini dijuluki sebagai “Masjid Seribu Pintu Angin”. Meskipun sebetulnya pintu utama hanya 17 pintu saja.

Masjid ini memiliki arsitektur moderen yang dipadukan bersama ciri khas Minangkabau. Hal ini bisa diamati dari wujud atap masjid yang didesain runcing menyerupai tanduk kerbau yang bersifat persegi empat di setiap sudutnya.

Konstruksi masjid terdiri dari tiga lantai. Area utama yang dipergunakan sebagai area shalat terdapat di lantai atas, memiliki teras yang melandai ke jalan.

Pos terkait