Ketua DPRD Cek Pembangunan Rusun Thawalib Padang Panjang

Topsumbar – Pembangunan Rumah Susun (Rusun) Pesantren Thawalib Padang Panjang yang tengah berlangsung mendapat perhatian khusus dari Ketua DPRD Kota Padang Panjang, Mardiansyah.

Hal itu tampak saat Mardiansyah melakukan pengecekan langsung ke lokasi pembangunan di kompleks Thawalib di Jalan Abdul Hamid Hakim No 12, Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang.

Pengurus Yayasan Thawalib Fahmi, Minggu (6/8/2023) di Padang Panjang mengatakan, kedatangan Ketua DPRD Mardiansyah untuk memastikan bahwa pekerjaan pembangunan Rusun berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Ketua DPRD bersama Kadis Perkim LH Alvi Sena, Camat Padang Panjang Barat Fiori Agustin, mendadak tanpa direncanakan.

“Selesai salat Jumat akhir pekan lalu seketika Ketua DPRD didamping Kadis Perkim LH dan Camat tiba di lokasi pembangunan Rusun Thawalib,” jelas Fahmi.

Pembangunan Rusun Pesantren Thawalib merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI tahun anggaran 2023 yang diperjuangkan melalui aspirasi anggota DPR RI Komisi V dari Partai Amanat Nasional (PAN) Athari Gauthi Ardi.

Pekerjaan pembangunan Rusun yang sedang berlangsung direncanakan tiga lantai dengan biaya Pembangunan sebesar Rp  6,670,970,938 dengan waktu pelaksanaan 180 hari kalender.

Ketua DPRD kota Padang Panjang, Mardiansyah dalam kunjungannya tersebut merasa bahagia dikarenakan pelaksanaan pekerjaan pembangunan Rusun berlangsung sesuai jadwal.

Ia mengharapkan Rusun Pesantren Thawalib nantinya dapat dimanfaatkan oleh para santri Thawalib Padang Panjang.

“Dibangunnya Rusun Pesantren Thawalib Padang Panjang tahun 2023 merupakan aspirasi yang diperjuangkan oleh Athari Gauthi Ardi sebagai anggota DPR RI Komisi V dengan tujuan gedung Rusun tersebut bisa dipergunakan oleh Pesantren Thawalib sebagai tempat tinggal santri,” ujar Mardiansyah.

Rusun Thawalib

Sekretaris Yayasan Thawalib Irwan Natsir, menjelaskan sejak Juni 2023 lalu pekerjaan Pembangunan Rusun Pesantren Thawalib telah dilaksanakan.

Gedung Rusun tiga lantai bantuan dari Kementerian PUPR RI juga akan dilengkapi dengan peralatan meuble seperti tempat tidur dan lainnya.

“Yayasan Thawalib sangat berterima kasih atas adanya bantuan pembanguan Rusun Thawalib karena sangat bermanfaat sekali untuk santri Thawalib,” jelas Irwan Natsir dalam keterangan tertulis di terima Topsumbar.co.id, Minggu (6/8).

Dikatakan Irwan Natsir, dengan adanya Pembangunan Rusun Pesantren Thawalib tersebut, maka melengkapi berbagai pembenahan dan penataan tempat tinggal bagi santri Thawalib Padang Panjang, yakni ketersediaan gedung asrama yang layak dan representatif.

“Yayasan Thawalib tengah melakukan berbagai pembenahan dan penataan gedung asrama untuk santri Thawalib Putra. Diantaranya  telah selesai membangun satu gedung asrama baru yang bisa ditempati sekitar 300 orang santri. Dan sekarang ditambah lagi dengan Rusun Pesantren Thawalib yang juga akan ditempati sebagai asrama santri,” kata Irwan Natsir.

Dengan adanya Rusun Pesantren Thawalib yang diperkirakan selesai akhir tahun 2023, maka pada tahun 2024 nanti para santri Thawalib Putra telah bisa menempati gedung Rusun Pesantren Thawalib tersebut.

“Kalau melihat jadwal pekerjaan Pembangunan 180 hari kalender, insya Allah tahun 2024 gedung Rusun Pesantren Thawalib telah bisa ditempati santri,” jelas Irwan Natsir.

(AL)

Pos terkait