Kepengurusan Bundo Kanduang Kecamatan Guguk Panjang di Dukung Penuh Erdison Nimli

Kepengurusan Bundo Kanduang Kecamatan Guguk Panjang di Dukung Penuh Erdison Nimli
Kepengurusan Bundo Kanduang Kecamatan Guguk Panjang di Dukung Penuh Erdison Nimli

TOPSUMBAR – Erdison Nimli Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bukittinggi, dukung penuh kepengurusan Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguk Panjang periode 2023-2025 yang diketuai Hj.Sumiarti,SH resmi dilantik oleh Ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi, Dra.Efni.

Bertempat di Grand Malindo Hotel, kegiatan tersebut dihadiri Walikota Bukittinggi diwakili Camat Guguk Panjang, puluhan pengurus dan anggota Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguk Panjang.

Kegiatan ini diadakan sekaligus memberikan pembekalan kepada Bundo Kanduang dengan dana pokok-pokok pikiran (pokir) tahun 2023 Erdison Nimli. Tampil sebagai pemateri, Ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi, Dra.Efni, Ketua LKAM Guguk Panjang dan Camat Guguk Panjang.

Bacaan Lainnya

Erdison Nimli sebagai inisiator acara tersebut, mengatakan, Alhamdulillah dengan dana pokir dipergunakan untuk melestarikan adat budaya di ranah Minang, khususnya di Kecamatan Guguk Panjang dengan memberikan baju kuruang basiba untuk pengurus dan anggota Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguk Panjang.

Erdision Nimli yang akrab disapa Uncu politisi partai Demokrat, disamping memberikan baju kuruang basiba dan batik tanah liat juga mengadakan pelatihan Bundo Kanduang.

Menjadi Bundo Kanduang adalah amanah seorang ibu, di dalam Alquran dikatakan ibu, ibu, ibu baru selanjutnya ayah. Keberhasilan anak tergantung kepada ilmu, rasa, iman seorang Bundo atau seorang ibu, fungsi Bundo Kanduang adalah fungsi tertinggi di ranah Minang, sebab mengandung asas matrilineal (garis keturunan ibu).

Di ranah Minang ini, Bundo Kanduang adalah limpapeh rumah nan gadang. Kami disini memberikan anggaran dana pokir sebesar Rp50 juta untuk pembekalan Bundo-bundo Kanduang guna mewarisi adat istiadat Minangkabau, bagaimana penerapannya di lingkungan keluarga dan dilingkungan tempat tinggal masyarakat Kota Bukittinggi pada umumnya.

Mudah-mudahan dengan pemberian dana pokir ini dapat memberi manfaat dan bisa berkelanjutan hendaknya, kami ini ingin Bundo Kanduang semua di Kota Bukittinggi ataupun di Kecamatan Guguk Panjang mempunyai bekal ilmu untuk dapat diwarisi kepada generasi penerus,” Ujar Uncu.

Sementara itu Ketua Bundo Kanduang Kota Bukittinggi, Dra.Efni, menjelaskan Uncu Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bukittinggi yang peduli kepada Bundo Kanduang mengadakan acara pembekalan dan pelantikan Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguk Panjang periode 2023-2025 sekaligus pemberian baju kuruang basiba dan baju batik tanah liat.

Seorang bundo kanduang itu adalah melestarikan adat sebatang panjang dalam adat Minangkabau, apabila ini kita tidak kaji-kaji, seperti kata orang “apa kaji dek baulang, apa jalan dek batampuah”. Kalau ini tidak diulang-ulang, walaupun dia seorang bundo kanduang, ada yang terlupa. Maka dari itu, tugas kami pada acara pembekalan ini mengembalikan apa yang tertinggal mengenai adat, pungkasnya.

Sedangkan Ketua Bundo Kanduang se-Kecamatan Guguk Panjang periode 2023-2025, Hj.Sumiarti,SH mengatakan yang dikaji adat sebatang panjang. Bundo Kanduang melakukan pembinaan bagi lintas generasi tentang “Sumbang Duo Baleh, Bakato Nan Ampek, dan adat serta tradisi yang dilakukan di Kota Bukittinggi ini.

Bundo kanduang Kecamatan Guguk Panjang kota Bukittinggi sebanyak 35 orang, keberadaan lembaga Bundo Kanduang Kecamatan Guguk Panjang dilatarbelakangi semangat para Bundo Kanduang yang sudah usianya tidak muda lagi. Walaupun tidak didukung dengan anggaran operasional, para bundo kanduang tetap bersemangat untuk memberikan pembinaan bagi generasi muda.

Bundo Sumiarti mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Erdison Nimli Anggota DPRD Kota Bukittinggi yang telah menunjukkan niat baiknya, memberikan Baju kuruang basiba yang menjadi pemicu semangat para bundo kanduang. Sebelumnya para bundo kanduang harus menabung untuk dapat memiliki pakai adat tersebut, pungkas Bundo Sumiarti.

Pos terkait