HUT RI ke-78, Ratusan Narapidana di Lapas Bukittinggi Dapat Kado Remisi

TOPSUMBAR – Bukittinggi Sebanyak 445 warga binaan Lapas Kelas IIA Bukittinggi menerima remisi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI). Potongan masa tahanan itu merupakan hadiah kemerdekaan HUT ke-78 RI.

Hadiah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi, Erman Safar di Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Kamis 17 Agustus 2023.

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten mengatakan pemberian remisi berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Tahun 2023 terkait Pemberian Remisi Umum Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

“Pemberian remisi kepada warga binaan bervariasi, mulai dari satu bulan hingga enam bulan. Tiga dari 445 warga binaan langsung bebas” ucapnya.

Pemberian remisi sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada warga binaan yang mengikuti program pembinaan dengan bersungguh – sungguh dan telah menjalankan 1 tahun masa binaan .

Adapun rincian remisi yang diperoleh warga binaan untuk Remisi Umum Sebahagian yaitu 1 bulan sebanyak 59 orang, 2 bulan sebanyak 55 orang, 3 bulan sebanyak 132 orang, 4 bulan sebanyak 138 orang, 5 bulan sebanyak 48 orang dan 6 bulan 14 orang,”Jelas Marten

“Pemberian remisi menjadi momentum untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku dan mengikuti program dengan giat. Kepada warga binaan yang telah hampir selesai masa tahanan, hendaknya tidak bercita – cita kembali untuk masuk lapas. Ilmu agama yang telah didapatkan selama dalam binaan, diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat saat diluar nanti, “ harapnya.

Sementara itu Walikota Bukittinggi, Erman Safar, mengucapkan selamat kepada warga binaan yang telah mendapatkan remisi. “Remisi adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap warga binaan.

“Apa yang dijalankan hari ini, kita berharap jadikan pelajaran sehingga kedepannya para warga binaan bisa lebih baik lagi dalam menata kehidupan,”Ujar Wako

Wako menambahkan, Sudah banyak karya Warga Binaan Lapas Bukittinggi yang viral di pasaran Kota Bukittinggi, diantaranya Jas Hujan dan Sendal Hotel. Ini tentu berkat kerja keras Petugas di Lapas beserta stakeholder terkait, semoga kedepannya semakin berkembang dan warga binaan setelah menjalani masa pidana menjadi manusia yang produktif,”Pungkasnya

Pemberian remisi dalam rangka HUT ke-78 RI dihadiri juga oleh Wakil Walikota Marfendi, dan Forkopimda Kota Bukittinggi.

Pos terkait