HUT Kota Padang ke-354, Kolaborasi dalam Membangun, Harmoni dalam Keberagaman

Paripurna HUT Kota Padang ke 354 Dilangsungkan di Gedung Baru DPRD

Peringatan hari jadi Kota Padang ke-354 tahun digelar dengan nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Pada momentum tahun ini, Pemerintah Kota Padang merayakannya di Gedung DPRD Kota Padang yang baru.

Gedung tersebut berlokasi di jalan Bagindo Aziz Chan Nomor 1 Padang, bersebelahan dengan komplek perkantoran Balai Kota Padang Aie Pacah. Peringatan hari jadi ini menjadi momentum bersejarah karena menandakan Kantor DPRD Kota Padang yang selama ini berada di jalan Sawahan pindah lokasi ke pusat Pemerintahan Kota Padang.

“Alhamdulillah, wasyukurillah, gedung yang kita bangun sejak tahun 2021 lalu telah dapat kita gunakan untuk perayaan Hari Jadi Kota Padang tahun ini. Ini sesuai dengan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 26 tahun 2011 tentang pusat pemindahan Pemerintahan Kota Padang dari wilayah Barat ke wilayah Timur,” ucap Wali Kota Hendri Septa.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan sejumlah capaian dalam membangun Kota Padang bersama Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar.

“Alhamdulillah pelaksanaan program unggulan (progul) telah terlaksana dengan baik, diperkirakan tahun 2023 ini akan terealisasi sebesar 97,03 persen. Pembangunan 500 Ruang Kelas Baru (RKB) dan pembangunan 6 koridor Trans Padang ditargetkan selesai di tahun 2023 ini,” ungkap Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menambahkan, Pemerintah Kota Padang juga sudah membangun ruang kreativitas dan inovasi generasi muda dalam mengembangkan bakat dan minatnya di 17 sub sektor ekonomi kreatif melalui pembangunan Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center.

“Alhamdulillah, gedung tersebut telah dimanfaatkan oleh generasi muda Kota Padang. Kami berharap dapat melahirkan generasi muda yang kreatif, inovatif sesuai dengan potensinya dan mampu menciptakan lapangan usaha baru,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Wako Hendri Septa, Pemerintah Kota Padang juga terus memacu pertumbuhan ekonomi yang terpuruk akibat pandemi di tahun 2020, dari -1,86 persen kembali bertransformasi di tahun 2022 dengan realisasi menjadi 4,33 persen. Ditargetkan pada 2023 dapat meningkat menjadi 4,53 persen.

“Alhamdulillah sepanjang 2023 ini, Kota Padang juga telah mendapat penghargaan baik dari tingkat nasional dan daerah sebanyak 32 penghargaan. Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun Kota Padang. Ke depannya mari kita wujudkan pembangunan Kota Padang yang lebih baik lagi,” pungkas Wako Hendri Septa.

Pos terkait