Harumkan Nama Daerah, Gubernur Ingatkan Kontingen Popnas Sumbar agar Mengerahkan Kemampuan Terbaik 

Harumkan Nama Daerah, Gubernur Ingatkan Kontingen Popnas Sumbar agar Mengerahkan Kemampuan Terbaik 
Harumkan Nama Daerah, Gubernur Ingatkan Kontingen Popnas Sumbar agar Mengerahkan Kemampuan Terbaik 

TOPSUMBAR – Gubernur Mahyeldi Ansharullah melepas Kontingen Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Ke-16 Tahun 2023 di Palembang, 26 Agustus hingga 4 September mendatang.

Pelepasan itu dilaksanakan di Halaman Istana Gubernur,  Dalam sambutannya, Gubernur berpesan kepada seluruh atlet agar mengerahkan kemampuan terbaik selama pertandingan nantinya, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

“Kita berharap, seluruh atlet Sumbar dapat berlaga dengan kemampuan terbaiknya. Sehingga mampu mengharumkan nama daerah,” kata Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 276 orang kontingen di berangkatkan Pemprov Sumbar untuk mengikuti ajang tersebut melalui jalur darat.

Sementara itu, Kabid Prestasi Olahraga Dispora Sumbar, Tasliatul Fuadi mengatakan dalam ajang tersebut kontingen Sumbar akan mengikuti sebanyak 17 Cabang Olahraga (Cabor) dari total 22 cabor yang dipertandingkan.

Adapun rincian Cabor yang akan diikuti oleh Kontingen Sumbar itu adalah angkat besi, atletik, balap sepeda, dayung, judo, karate, kepo, menembak, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, senam, sepak takraw, taekwondo, tinju wusu, sepak bola dan bulu tangkis.

Ia menyebut, besarnya jumlah kontingen yang diberangkatkan tersebut selain dipengaruhi oleh jarak lokasi penyelenggaraan yang tidak terlalu jauh dari Sumbar, juga disebabkan oleh tingginya antusiasme orang tua atlet yang ingin anaknya tetap berlaga meski harus berangkat melalui jalur darat.

“Faktor jarak yang tidak terlalu jauh, membuat para atlet dan orang tua mereka antusias meminta kami tetap memberangkatkan seluruh atlet meski harus melalui jalur darat,” kata Tasliatul.

Selanjutnya ia menyebut, berkaca dari Popnas sebelumnya, dimana Sumbar berhasil meraih peringkat ke 8 dengan 7 emas 8 perak dan 16 perunggu. Pihaknya optimis akan masuk dalam rangking 10 besar nasional.

“Melihat capaian tahun lalu, kita optimis tahun ini akan kembali bisa meraih 10 besar nasional. Kita bersemangat untuk itu,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon, Ketua Umum KONI Sumbar Roni Pahlawan, dan para Ketua Cabor. (adpsb)

Pos terkait