Gubernur Himbau Pemkab/Pemko Sinergikan Program Pusat untuk Percepatan Laju Pembangunan Daerah

Gubernur Himbau Pemkab/PemkoSinergikan Program Pusat untuk Percepatan Laju Pembangunan Daerah
Gubernur Himbau Pemkab/PemkoSinergikan Program Pusat untuk Percepatan Laju Pembangunan Daerah

TOPSUMBAR – Gubernur Mahyeldi Ansharullah himbau Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumbar mensinergikan program dengan Pemerintah Pusat. Menurutnya, selain dapat mempercepat laju pembangunan, itu juga bisa untuk mensiasati keterbatasan anggaran.

“Agar percepatan pembangunan bisa terwujud, kita di daerah tentu perlu menyelaraskan program-program dengan pemerintah pusat. Karena memang, secara anggaran dan kewenangan, kita di daerah sangat terbatas, tanpa itu saya rasa akan sulit bagi kita untuk bergerak,” ajak Gubernur Mahyeldi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Mahyeldi disela Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) pelaksanaan anggaran dan DJPb Award tahun 2023 di Kantor Wilayah Dirjen Pembendaharaan Prov. Sumbar, Selasa, 15 Agustus 2023.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Mahyeldi juga mengajak pemerintah kabupaten/kota di Sumbar untuk saling bersinergi dan fokus terhadap penanganan permasalahan strategis nasional seperti pengentasan kemiskinan ekstrim, stunting, infrastruktur dan sebagainya.

“Dengan bersinergi kita bisa berbagi tanggung jawab dengan pusat. Terutama untuk penanganan kemiskinan, stunting ,dan infrastruktur,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur juga menyerahkan piagam penghargaan DJPb Award 2023 kepada Bupati, Walikota se-Sumbar.

Adapun rincian kategori dan daftar penerima penghargaan yang diserahkan Gubernur tersebut antara lain, pertama kategori pengelolaan keuangan yang efektif tahun 2022, peringkat I diraih oleh Pemerintah Kabupaten Agam, peringkat II Pemerintah Kota Padang ,dan peringkat III Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian yang kedua, kategori kinerja pengelolaan dana fisik semester I tahun 2022, peringkat I pemerintah Kab. Solok Selatan, peringkat II Pemerintah Kab. Pasaman ,dan peringkat III Kab. Tanah datar.

Selanjutnya yang ketiga, kategori kinerja pengelolaan dana desa semester I tahun 2022, peringkat I diraih oleh Pemerintah Kota Pariaman, peringkat II Pemerintah kota sawahlunto ,dan peringkat III Pemerintah Kab. Tanah Datar.

“Selamat kepada daerah yang meraih penghargaan. Semoga Ini bisa memotivasi kita untuk semakin baik dalam pengelolaan anggaran kedepan,” kata Mahyeldi (adpsb)

Pos terkait