GERMAS di Sijunjung, “Menuju Indonesia Emas 2045”

GERMAS di Sijunjung, "Menuju Indonesia Emas 2045"
GERMAS di Sijunjung, "Menuju Indonesia Emas 2045"

 TOPSUMBAR – Anggota DPR RI Drs. H. Darul Siska menjadi narasumber Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Muaro Sijunjung, pada Sabtu, 26 Agustus 2023.

Hadir pada Germas itu, Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang Renidayati, S.Kp, M.Kep, Sp. Jiwa, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung drg. Ezwandra, M.Sc, Camat Sijunjung Khairudin, SE, Wali Nagari Muaro Hafidzun, S.Pd.I serta ratusan peserta lainnya.

“Mari kita biasakan pola hidup sehat menuju Indonesia Emas 2045 melalui tujuh kebiasaan,” ujar anggota DPR RI asal “Kota Arang” Sawahlunto tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tujuh langkah GERMAS terdiri dari melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, serta menggunakan jamban,” lanjutnya.

Pada acara yang digelar di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung tersebut juga dilakukan pemeriksaan kesehatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

Dengan pemeriksaan secara rutin, akan memudahkan dalam mendeteksi penyakit secara lebih dini.

Pemeriksaan berat dan tinggi badan bermanfaat untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), sehingga diketahui ideal atau tidak idealnya tubuh yang berisiko PTM.

Pemeriksaan lingkar perut berfungsi mengukur lemak, apabila berlebihan berisiko terhadap diabetes, jantung hingga stroke, tekanan darah gunanya yaitu mengukur glukosa, yang berpotensi menimbulkan diabetes.

Dengan gaya hidup sehat, akan menghasilkan insan yang produktif menuju Indonesia Emas 2045. (AG)

Pos terkait