Fakta dan Mitos Danau Singkarak, Ikan Bilih Hingga Minta Tumbal Setiap Tahun

Danau Singkarak (Foto Sumbarprov)
Danau Singkarak (Foto Sumbarprov)

TOPSUMBAR – Tahukah kamu bahwa Danau Singkarak memiliki beberapa mitos dan fakta menarik yang sampai saat ini masih terus diceritakan.

Di balik keindahan pemandangan yang disuguhkan Danau Singkarak, ternyata ada beberapa fakta dan mitos menarik tentang danau yang satu ini.

Berikut akan diulas tentang mitos dan fakta menarik tentang Danau Singkarak yang sampai saat ini masih terus diceritakan kepada generasi muda.

Bacaan Lainnya

Bagi kamu yang merupakan warga Sumatera Barat tentunya sudah pernah mendengar desas-desus tentang Danau Singkarak yang akan dibahas ini.

Tetapi, bagi wisatawan yang dari daerah lain tentunya masih banyak yang belum mengetahui tentang fakta dan mitos tentang Danau Singkarak ini.

Baca juga: Misteri Air Terjun Lembah Anai, Sarang Penyamun Hingga Kebun Jeruk Misterius

Berikut ulasan tentang fakta dan mitos yang ada di Danau Singkarak yang bisa kamu ketahui saat kamu mengunjungi danau ini.

Fakta Danau Singkarak

1. Ikan Bilih Hewan Endemik Danau Singkarak

Hal yang sangat menarik dari Danau Singkarak ini adalah ikan bilih yang hanya hidup di danau yang terletak di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar ini.

Ikan yang berukuran kecil ini hanya hidup di Danau Singkarak dan tidak bisa ditemui di berbagai sungai ataupun danau lainnya di dunia.

Bahkan ikan bilih dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari Sumatera Barat dan hanya bisa ditemui di sekitaran Danau Singkarak saja.

Jika kamu mengunjungi Danau Singkarak, jangan lupa untuk membeli Ikan Bilih sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman yang ada di daerahmu.

Pos terkait