Enam Pusakan Orang Minangkabau, Simbol Kehormatan Keluarga

Pusaka di Minangkabau Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, dengan ibu kota Provinsi ini adalah Kota Padang, Sumatera Barat memiliki budaya yang kaya, terutama dalam kesenian, tradisi dan kepercayaan turun termurun dari nenek moyang.

Sebagai daerah yang telah berusia 75 tahun, Sumatera Barat tak lekang dari sejarah yang panjang, yang dibuktikan dengan situs-situs bersejarah, seperti pusaka-pusaka yang mengandung nilai budaya dan sejarah panjang terbentuknya ranah Minangkabau.

Pusaka yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, diwariskan dari generasi ke generasi, juga dianggap sebagai simbol identitas dan kehormatan keluarga. Kali ini Topsumbar akan membahas enam pusaka orang Minangkabau yang meliputi:

Bacaan Lainnya

1. Keris

Keris atau orang Sumatera Barat menyebutnya karih merupakan senjata tradisional yang memiliki makna spiritual dan simbolis dalam budaya Minang. Kerap kali keris dianggap memiliki kekuatan mistik dan mampu melindungi sang pemilik.

Keris dihiasi dengan ukiran-ukiran yang khas, benda ini dianggap sebagai sesuatu yang melambangkan martabat dan kehormatan keluarga. Di Minang, keris ini tidak boleh dipakai oleh sembarangan orang, karena keris menyiratkan makna-makna yang mendalam.

Dilansir dari Prokabar.com, keris hanya boleh digunakan oleh seseorang yang telah bergelar penghulu saja, keris kerap kali diselipkan di pinggang, yang ini melambangkan lencana kebenaran oleh penghulu-penghulu Minang. Keris diibaratkan seperti mahkota seorang raja.

Di dalam budaya Minangkabau keris memiliki makna yang sangat dalam, bukan hanya sekedar senjata, keris melambangkan simbol kehormatan dan martabat keluarga, pusaka keluarga dan warisan turun-temurun, diyakini memiliki kekuatan mistik, simbol keberanian dan kemuliaan, dan simbol persatuan dan identitas suatu kaum.

Pos terkait