Dilantik Ketua Bawaslu RI, 3 Anggota Bawaslu Kota Padang Panjang Kenakan Pakaian Adat Minangkabau

TOPSUMBAR – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, Rahmat Bagja melantik sekaligus mengambil sumpah dan janji 1.912 Anggota Bawaslu dari 514 Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia masa jabatan 2023-2028, (Berita sebelumnya tertulis 2023-2026, red). Sabtu 19 Agustus 2023, malam tadi.

Pelantikan ini cukup istimewa karena para anggota Bawaslu yang dilantik hadir dengan mengenakan pakaian adat daerah mereka masing-masing.

Dari 1.912 anggota Bawaslu yang dilantik itu, 3 (tiga) orang diantaranya adalah anggota Bawaslu dari Kota Padang Panjang, yaitu Hidayatul Fajri, Roby Hadi Putra, dan Winda Aprizona.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Bawaslu Kota Padang Panjang, Zulbairi dihubungi Topsumbar.co.id, Minggu (20/8/2023) Siang ini, mengatakan ketiga anggota Bawaslu kota Padang Panjang saat dilantik turut mengenakan pakaian adat sebagaimana seluruh anggota Bawaslu yang dilantik lainnya.

“Ketiga anggota Bawaslu kota Padang Panjang yang dilantik mengenakan pakaian Adat, bagi yang perempuan kenakan baju tikuluak koto gadang dan laki-laki pakaian adat penghulu/datuk,” kata dia.

Sementara itu, dikutip Topsumbar.co.id dari kanal YouTube Bawaslu RI, Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam sambutannya, mengatakan pelantikan ini cukup istimewa karena seluruh yang dilantik mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing.

“Hal ini dilakukan sebagai perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78,” kata dia.

Pada bagian lain kata sambutannya, Bagja meminta anggota Bawaslu kabupaten/kota yang dilantik untuk meneruskan kerja Bawaslu Kabupaten/Kota periode sebelumnya dalam menjaga demokrasi melalui pengawasan pemilu.

“Semoga yang dilantik menjaga seluruh proses demokrasi yang telah dijalankan periode sebelumnya,” pungkasnya.

(AL)

Pos terkait