Dibuka Gubernur, Pemkab Limapuluh Kota Kembali Gelar Lomba Cerdas Qur’an untuk Ketiga Kalinya

TOPSUMBAR – Setelah sukses diselenggarakan dua tahun belakangan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kembali berkolaborasi dengan Padang TV menyelenggarakan Lomba Cerdas Qur’an ketiga kalinya. Menjadi daerah sebagai pilot project lomba cerdas Qur’an di Sumbar, pembukaan lomba kali ini terasa spesial karena dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Jum’at, (18/08/2023) di Aula Kantor Bupati, Sarilamak.

Lomba yang dilaksanakan hingga 28 Agustus nanti bakal diikuti oleh 371 tim dari 323 Sekolah Dasar dan 48 Sekolah Menengah Pertama se-Limapuluh Kota. Turut hadir dalam pembukaan, Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Biro Adpim Provinsi Sumbar Muslim, dan Kepala Sekolah SD dan SMP se-Limapuluh Kota.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan lomba cerdas cermat Qur’an untuk kalangan remaja merupakan terobosan baru yang inovatif, dimana biasanya yang dilombakan dengan konsep serupa adalah
ilmu pengetahuan umum namun sekarang yang dilombakan adalah isi
kandungan Alqur’an.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan semacam ini harus kita budayakan, selain dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap Al-Qur’an, juga dapat membentuk akhlaqul
karimah yang menjadi karakter dalam kehidupan,” tambahnya.

Gubernur menilai, lomba Cerdas Qur’an yang diselenggarakan merupakan proses peningkatan pengetahuan yang harus dilanjutkan agar selalu relevan dengan perkembangan zaman. Selain itu, kata Gubernur, untuk mewujudkan generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al-Qur’an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian.

“Kepada peserta lomba Cerdas Qurani saya mengucapkan selamat mengikuti lomba ini, semoga dengan kegiatan Cerdas Qurani para generasi muda yang telah membaca dan memahami Alquran akan menjadi generasi qurani dengan akidah yang kuat, ibadah yang taat, akhlak yang bermartabat
dan ilmu yang bermanfaat,” tutup Gubernur.

Sementara itu, Bupati Safaruddin mengucap syukur atas terlaksananya lomba Cerdas Qur’an untuk ketiga kalinya.

“Lomba Cerdas Qur’an merupakan kompetisi bagi penghafal Qur’an yang dikemas dalam bentuk cerdas cermat. Diharapkan mampu menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap para pelajar sesuai dengan ajaran agama Islam,” harapnya.

Bupati Safaruddin turut mengapresiasi atas terlaksananya program tahfidz yang dijalankan oleh seluruh sekolah di Limapuluh Kota dan Padang TV yang telah mendukung program Pemkab Limapuluh Kota.

“Hal ini tentu mendukung perwujudan visi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ‘Mewujudkan Limapuluh Kota madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara-Syara Basandi Kitabullah’,” tambahnya.

Melalui lomba Cerdas Qur’an, diharapkan Bupati Safaruddin dapat membentuk generasi yang qurani, akhlak, attitude dan mampu menyeimbangkan kemajuan dunia dengan memegang teguh ayat-ayat Allah SWT.

(Ton)

Pos terkait