Bukan Padang Panjang, ini Kota Terdingin di Sumatera Barat, Dikenali dengan Sebutan Kutub Tak Bersalju

Nagari Alahan Panjang Kabupaten Solok menjadi Kota Terdingin di Sumatera Barat. (foto: Topsumbar.co.id)

Kedua Danau Bawah, danau yang jika dilihat dari peta persis berdampingan dengan Danau Atas oleh karena itu kedua danau ini dijuluki Danau Kembar. Di Danau Bawah kita hanya bisa menikmati pemandangan yang ada karena akses jalam menuju tepi danau belum ada disebabkan masih banyaknya perkebunan warga yang berada di sana.

Danau ketiga adakah Danau Talang, danau yang dibuka untuk umum pada tahun 2020 merupakan danau yang terletak di kaki Gunung Talang. Danau Talang memiliki suasana yang tenag, udaranya yang sejuk, dan panorama alam yang menawan, jika kita ingin berwisata ke danau ini kita akan melewati Danau Bawah. Danau Bawah menyediakan kapal untuk para wisatawan yang ingin berkeliling danau menggunakan kapal, dan ada juga permainan sampan kecil berbentuk angsa, kita juga bisa melakukan camping di tepi Danau Talang.

Tidak hanya wisata danau, dalam perjalanan menuju Alahan Panjang kita akan disuguhi pemandangan kebun teh di sepanjang jalan yang sangat memanjakan mata, kita juga bisa berhenti dan mengunjungi kebun teh untuk berfoto-foto atau menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan oleh kebun teh tersebut.

Bacaan Lainnya

Tidak kalah dingin, Padang Panjang adalah salah satu kota dengan luas wilayah terkecil yang ada di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota ini memiliki julukan sebagai Mesir van Andalas (Egypte van Andalas). Sementara wilayah administratif kota ini dikelilingi oleh wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar. Jumlah penduduk Padang Panjang sebanyak 59.998 jiwa.

Padang Panjang merupakan salah satu kota dingin di Sumatera Barat, kota ini terkenal karena suhu udaranya yang sangat dingin dikarenakan diapit oleh tiga gunung
berapi yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Karena itu Kota Padang Panjang dijuluki kota Serambi Mekkah dan kota tujuan.

Padang Panjang memiliki objek wisata yang bermacam-macam seperti rumah yang memiliki arsitektur Khas Minangkabau yang bernama rumah Bagonjong dan ada juga tempat wisata Water Park yang bernama Mifan Water Park.

(Wandy)

 

 

Pos terkait