Bukan Padang Panjang, ini Kota Terdingin di Sumatera Barat, Dikenali dengan Sebutan Kutub Tak Bersalju

Nagari Alahan Panjang Kabupaten Solok menjadi Kota Terdingin di Sumatera Barat. (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan banyaknya objek wisata pantai yang menakjubkan, namun juga terdapat daerah yang memiliki pegunungan yang indah.

Daerah pengunungan di Sumatera Barat yakni, Padang Panjang, Bukittinggi, Alahan Panjang Kabupaten Solok. Ketiga daerah ini terbilang dingin dengan suhu diingin yang berbeda. Bahkan di Alahan Panjang Solok wisatawan sering menyebut New Zealand nya Indonesia atau kutub tak bersalju.

Ada Alahan Panjang Solok yang menjadi kota terdigin di Sumatera Barat, rata-rata suhu di Alahan Panjang Solok berkisar 15-18°C. Sementara Padang Panjang yang dikenal dengan kota hujan memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi yakni 20°C.

Bacaan Lainnya

Alahan Panjang menjadi daerah yang paling dingin di Sumatera Barat, dengan luasnya yang berukuran 88,76 kilometer persegi dan memiliki penduduk yang berjumlah 14.100 jiwa.

Nagari yang berjarak kurang lebih 65km dari Kota Padang yang berada di atas Bukit Barisan, yang tepatnya berada di lereng sebelah Timur kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang memiliki ketinggian 1.400-1.600Mdpl. Dengan ketinggian tersebut Alahan Panjang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi hingga rata-rata 212 hari per tahun, oleh karena itu suhu harian di Alahan Panjang bisa mencapai sekitar 18 derajat celcius dan paling rendah pernah menyentuh angka 10 derjat celcius.

Tidak hanya nagari nya yang dingin, Alahan Panjang juga memiliki lokasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. Wisata yang disediakan oleh nagari Alahan Panjang yaitu wisata tiga danau, yang pertama danau yang paling banyak dikenal masyarakat terutama di Sumatera Barat karena keindahan pemandangan nya dan kesejukan yang diberikanya.

Danau yang pertama adalah Danau Ateh, ketika kita ingin memasuki nagari Alahan Panjang kita akan disambut dengan danau ini. Danau yang memiliki luas 12,3 kilometer persegi ini memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk dapat membuat kita rileks dari pekerjaaan kita, tidak hanya barmain di tepi danau saja kita juga bisa menginap di tepi danau dengan menggunakan tenda atau menyewa home stay yang ada di sepanjang Danau Atas tersebut.

Pos terkait