79 Orang Kafilah Kota Solok Ikuti Training Center Tahap III Jelang MTQ Nasional Tingkat Provinsi

79 Orang Kafilah Kota Solok Ikuti Training Center Tahap III Jelang MTQ Nasional Tingkat Provinsi
79 Orang Kafilah Kota Solok Ikuti Training Center Tahap III Jelang MTQ Nasional Tingkat Provinsi

TOPSUMBAR – Dalam rangka persiapan Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah dalam menyongsong acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-40 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Kota Solok kembali menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) tahap ketiga kepada Kafilah MTQ.

TC tahap ketiga ini adalah lanjutan dari TC I dan TC II yang telah diselenggrakan sebelumnya, pada TC I yg dibuka oleh Wawako Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra yang sekaligus merupakan Ketua LPTQ Kota Solok.

Kegiatan TC ketiga ini berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai hari Jumat 18 Agustus sampai Minggu 20 Agustus 2023 yang dipusatkan di Solok Premiere Hotel serta beberapa cabang di Masjid Agung Al Muhsinin.

Bacaan Lainnya

Kakan Kemenag Kota Solok, H. Mustafa, MA menjelaskan, TC ketiga Kafilah Kota Solok kali ini diikuti sebanyak 79 orang Kafilah dengan beberapa cabang lomba yakni Tilawah, Qiraat Mujawwad, Qiraat Murattal, Tartil, Tahfizh, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khutbah jum’at, adzan, Tafsir, Kitab Standar, Khat, dan KTIQ serta Hafalan Hadits.

Sementara itu Kabag Kesra Setdako Solok, H. Feri Hendria S.Sos, M.Si mengungkapkan tujuan TC ini untuk melakukan pemantapan kembali kepada Qori – Qoriah dalam upaya pendalaman materi pelatihan untuk mengikuti lomba pada MTQ Tingkat Provinsi Sumbar, serta mempersiapkan Qori dan Qoriah sebagai Duta dari Kota Solok mengikuti event MTQ Tingkat Provinsi Sumbar yang akan diselenggarakan di Kabupaten Solok Selatan pada bulan November tahun ini.

“Atas nama Pemerintah Kota Solok mengucapkan apresiasi dan terimakasih yang sebesar besarnya kepada pelatih dari Provinsi, Pelatih Kota Solok yang telah bersungguh-sungguh dalam TC ini dan melaporkan hasil TC kepada Kakan Kankemenag melalui Kasi Bimas,” sampai Kabag Kesra, Senin (21/8).

“Beberapa calon kafilah Kota Solok yang mengikuti TC tersebut sudah sebagian besar telah bisa kita usulkan ke pimpinan untuk ditetapkan menjadi kafilah kota Solok,” lanjutnya.

Menurut Kabag Kesra, sesuai DPA bagian Kesra pelaksanaan TC masih ada satu kali lagi atau TC keempat, untuk mematangkan persiapan kafilah dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi.

“Tetapi atas arahan Wako dan Wawako Solok, Pemko Solok akan Berupaya supaya TC kafilah ini dilanjutkan dengan TC ke lima dan keenam, sehingga hasilnya maksimal yang kita peroleh di MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan nantinya,” tutup Feri Hendria. (gra)

Pos terkait