Universitas Teknologi Petronas Malaysia Kunjungi Geopark Sawahlunto jadi Kampus Lapangan

Topsumbar — Perguruan tinggi negara tetangga yakni Universitas Teknologi Petronas dari Malaysia berkunjung ke Sawahlunto dalam rangka memanfaatkan kawasan Geopark menjadi kampus lapangan geologi terintegrasi.

Robert Petra Ramadhona selaku pengurus Badan Pengelola Geopark Nasional Sawahlunto, Sabtu 08 Juli 2023 mengatakan, kegiatan kampus lapangan geologi terintegrasi ini sudah dimulai oleh mahasiswa dari tiga perguruan tinggi antara lain, Petronas Malaysia, Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan Universitas Islam Riau (UNAIR).

Kegiatan ini dilakukan oleh ketiga perguruan tinggi tersebut selama dua minggu, 77 orang mahasiswa didampingi 10 dosen pembimbing. Selain mempelajari aspek geologi, para mahasiswa ini juga membantu masyarakat setempat membangun edukasi tentang geopark dengan melakukan prinsip konservasi lingkungan melalui penelitian dan pemetaan, demikian Robert menerangkan.

Bacaan Lainnya

Zohirin Sayuti Wawako Sawahlunto mengatakan bahwa dengan dipercayanya Sawahlunto menjadi kampus lapangan geologi terintegrasi, akan sangat berpotensi bagi kawasan wisata Sawahlunto menjadi destinasi pariwisata edukatif berkelanjutan serta berdampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat.

Secara langsung maupun tidak langsung akan jadi kunjungan wisata, hospitality sampai pada pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu berpotensi menjadi lokomotif pariwisata edukatif berbasis geologi kota ini dalam sejarah Sumbar, demikian Zohirin Sayuti mengakhiri.

(ROL)

Pos terkait