TIM Juri Provinsi Sumbar Turun Menilai LPM Desa Silungkang Tigo, untuk Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Topsumbar – Dari 27 Desa dan 10 Kelurahan yang ada di empat Kecamatan, Talawi, Barangin, Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, satu-satunya Desa Silungkang Tigo berhasil lolos seleksi mewakili kota ini untuk lomba LPM ke tingkat Sumatera Barat tahun 2023.

Pada hari Selasa, 25 Juli 2023 bertempat di aula Kerapatan Adat Nagari (KAN) Silungkang, kota Sawahlunto, berlangsung acara prosesi penilaian administrasi maupun kunjungan lapangan oleh Tim juri dari Pemprov Sumbar terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Silungkang Tigo yang dinakhodai oleh Fidel Mangkuto Rajo dan jajarannya.

LPM Desa Silungkang Tigo sangat melaju pesat dari sektor pengembangan usaha,baik tenunan songket,home industri kerajinan dan usaha-usaha yang dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Segala bentuk usaha maupun trik inovasi kerja LPM Desa Silungkang Tigo ini, dipaparkan langsung melalui eksposan oleh Ketua Fidel Mangkuto Rajo diantara tim juri serta hadirin yang hadir pada moment penilaian.

Adapun Tim juri dari Provinsi Sumbar terdiri dari, Quartita Evari Hamdiana(Koordinator Tim) Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Adat, Firmanto, Huriyatul Akmal, Afrizal Achmad, M.Hanif Ersa dan Fauzan Has Daifullah.

Zohirin Sayuti Wawako Sawahlunto,sangat memberi apresiasi pada pengurus LPM Desa Silungkang Tigo,yang sudah bekerja maksimal antara pihak pengurus dengan stake holder dan pihak terkait lainnya dalam mencapai kontribusi peningkatan ekonomi masyarakat Silungkang Tigo khususnya, kota Sawahlunto pada umumnya.

Kekompakan warga masyarakat Silungkang tidak diragukan lagi, kata Zohirin Sayuti.

“Untuk pembebasan tanah saja pada tahun ini (2023-red.),sudah dua kali Ninik Mamak Silungkang spontan memberi hibah demi pengembangan Geopark destinasi objek wisata Batu Runcing, dan lainnya sehingga kita dapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) miliaran rupiah,”. ungkap Wawako.

Efrianto Kadis Sosial,PMD,PPA Kota Sawahlunto,selaku loading sektor kegiatan ini, tampak mendampingi Tim Juri dengan Ardius Kabid Pemberdayaan Masyarakat (PM)beserta staf Yul Efrina,Bismi Hayati dan Wahyuni.

Irland Muhammad anggota DPRD Sawahlunto selaku putra Silungkang,tampak fokus mengikuti acara ini bersama Forkopimca,Andi Eka Putra (Camat),AKP. Elfi Heri (Kapolsek), anggota Koramil 01/0310 SSD,Kepala Desa, unsur LPM, Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak pemangku Adat, Bundo Kanduang Kenagarian Silungkang. (ROL)

Pos terkait