Pemko Sawahlunto Desak Pemerintah Pusat, Bentuk Badan Pengelola Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Topsumbar – Direktur Pengembangan dan Pemamfaatan Kebudayaan Kemendikbudristekdikti, Irini Dewi Wanti lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke kota Sawahlunto pada hari Senin, 17 Juli 2023 digelar diruang rapat balaikota.

Kehadiran Irini terkait dengan masalah perkembangan WTBOS dikota ini yang belum maksimal.

Zohirin Sayuti Wawako Sawahlunto pada forum diskusi ini menyampaikan kondisi terkini tentang perkembangan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) dan sangat membutuhkan Badan Pengelola dari Pemerintah Pusat.

Bacaan Lainnya

Untuk mengurus WTBOS ini, Zohirin Sayuti mengakui belum bisa maksimal dikarenakan,bila hanya Pemko Sawahlunto saja yang mengurus secara kewenangan anggaran maupun kebijakan tentu masih sangat terbatas. Oleh karena itu Pemko Sawahlunto selalu berupaya mendesak Pemerintah Pusat agar segera membentuk Badan Pengelola, sehingga WTBOS ini dapat diurus bersama.

“Menyikapi persoalan ini dan segala dilema dilapangan, Zohirin Sayuti berharap melalui Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristekdikti Irini Dewi Wanti, untuk menyampaikan pada pemerintah pusat, terkait keinginan Pemko Sawahlunto dalam percepatan pembentukan Badan Pengelola tersebut,” Demikian Wawako menambahkan.

Menanggapi masalah ini (WTBOS) Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Irini Dewi Yanti, berikan lampu hijau, pihaknya akan melakukan penguatan dan pemberdayaan ekosistem kebudayaan di lingkungan WTBOS.

Irini berkata,”Kami akan mendukung WTBOS ini sesuai dengan kewenangan kami di Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya.Ini merupakan tahap awal, yang dimulai dengan perumusan terlebih dahulu, dan memang untuk itulah kami datang langsung meninjau ke Sawahlunto,” demikian Irini Dewi Wanti menanggapi.

Acara diskusi pembahasan WTBOS ini dihadiri oleh, asisten, peserta dari pimpinan OPD dan pihak stake holder terkait.

(ROL)

Pos terkait