Lagi, Pemko Bukittinggi Kembali Borong Lima Penghargaan Tingkat Provinsi Tahun 2023

Topsumbar – Pemko Bukittinggi borong sejumlah penghargaan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Sumatra Barat tahun 2023, dengan mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”.

Harganas tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023, Pemprov dan BKKBN Sumbar berikan apresiasi kepada Pemko Bukittinggi. Bertempat di Hotel Santika Premiere Padang, pada Sabtu (22/07/2023).

Bukittinggi mendapat lima penghargaan sekaligus diantaranya, Juara 1 Tenaga Lini Lapangan Terbaik, Juara 2 Kategori Kota dengan Pengisian KKA Terbanyak. Juara 2 kelompok BKB Terbaik, Juara 3 Pengelola DAK Terbaik dan Juara 3 KB Lestari 20 Tahun Terbaik.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyambut baik penghargaan dari Pemerintah Provinsi dan BKKBN Sumbar untuk Kota Bukittinggi. Hal ini menunjukkan Bukittinggi cukup konsen untuk menangani masalah stunting.

“Alhamdulillah ini luar biasa. Kader dan petugas kita terus turun ke lapangan. Kampanyekan bagaimana peningkatan gizi untuk menekan laju stunting,”ujar Wako

Dijelaskan, 2021 lalu, angka prevelensi stunting kita Bukittinggi mencapai 19 persen, 2022 turun menjadi 16,8 persen. Selain itu, kita juga rutin sosialisasikan progrna keluarga berencana, untuk ciptakan keluarga yang berkualitas,” ungkap Wako

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN pusat Dr. Bonivasius Prasetya Ichtiart, menjelaskan, penanganan stunting bukan hanya program pemerintah namun semua kalangan agar Indonesia Emas 2045 dapat terwujud. Untuk itu, salah satu program penanganan stunting dengan Kampung atau nagari Keluarga Berkualitas.

Kepala DP3APPKB Bukittinggi, Nauli Handayani, menambahkan, penghargaan yang diraih Kota Bukittinggi diberikan sebagai apresiasi atas keberhasilan Kota Bukittinggi pada pelaksanaan program Bangga Kencana.

“Sesuai arahan Bapak Walikota, Bukittinggi terus menggerakkan masyarakat untuk program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana. Ini menjadi salah satu program unggulan dari BKKBN. Bangga Kencana menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas,” imbuhnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Dr. Bonivisius Prasetya Ichtiarto, S.Si. M. Eng , anggota DPR RI Drs. H. Darul Siska, Kepala BKKBN Perwakilan Prop Sumbar, para kepala OPD provinsi Sumbar, kepala OPD KB tingkat kabupaten/kota serta pengelola program Bangga Kencana. (Ja)

Pos terkait