Dinsos PPPrA Pessel Datangi Korban Musibah Kebakaran Rumah

Topsumbar – Dinsos PPPrA Kabupaten Pesisir Selatan menindaklanjuti laporan kebakaran yang menimpa rumah masyarakat di Nagari Pancuang Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Diketahui rumah tersebut merupakan milik Bpk. Samsidar yang di huni oleh 2 (dua) Kepala Keluaga yaitu atas nama beliau sendiri dan satu lagi dengan KK a.n Karnadi.

Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada tanggal 25 Juli 2023 yg lalu sekitar jam 16.30 WIB, dimana telah menghancurkan seluruh asset rumah beserta seluruh peralatan rumah tangga yang dimiliki keluarga tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala DinsosPPrPA, Wendra Rovikto, S.STP mengatakan, pihaknya telah langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan kepada para korban kebakaran tersebut., Kamis (27/07).

“Petugas kita langsung mengantarkan bantuan dengan mendirikan 2 (dua) unit tenda keluarga, bantuan sembako, perlengkapan dapur, beras, kasur, dan sembako,” kata Wendra.

Ia mengatakan tenda keluarga ini sebagai tempat penampungan sementara mengingat mereka hanya memiliki rumah yang terbakar tersebut yang di isi oleh 7 (tujuh) orang anggota keluarga.

“Berdasarkan data yang disampaikan jaringan kita di lapangan, dalam keluarga ini ada 1 (satu) anak balita, sehingga penangannya perlu di segerakan,” jelas Kadis.

Ia mengatakan setiap kejadian bencana, anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan menjadi korban dan paling menderita dibandingkan orang dewasa.

“Para keluarga tersebut akan di usulkan ke dalam DTKS dan program bansos ke Kementerian Sosial, harapannya mereka di usahakan untuk mendapatkan program bansos,” tambahnya.

Adapun lokasi korban kebakaran ini yang di kunjungi pihaknya ini hanya bisa di tempuh dengan motor serta jalan kaki lebih kurang 5 km dari jalan raya yang dilalui kendaraan roda empat.

Kegiatan ini pihaknya juga didampingi oleh Camat, Wali Nagari, Tagana, dan Pekerja Sosial Masyarakat Nagari setempat serta Babinsa dan Bhabinkhamtibmas wilayah setempat.

Pos terkait