Sambut HUT Bhayangkara ke-77, Polres Sawahlunto Serahkan Piala Lomba Poskamling

Topsumbar — Pelaksanaan apel Ketua Satuan Keamanan Kingkungan(Kasat Kamling) digelar dan dipimpin langsung oleh AKBP Purwanto Hari Subekti Kapolres Sawahlunto pada hari Rabu, 21 Juni 2023.

Kegiatan ini dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77 yang digelar serentak oleh seluruh jajaran Kepolisian Indonesia.

Moment ini sekali gus menyerahkan Piala Poskamling terhadap empat peserta Poskamling yang dilombakan antara lain, Pos Kamling Desa Silungkang Oso, (Polsek Muarokalaban) Pos Kamling Kel. Pasar, (Polsek Sawahlunto) Pos Kamling Desa Balai Batu Sandaran, (Polsek Barangin) dan Poskamling Desa Sikalang, (Polsek Talawi).

Bacaan Lainnya

Dari hasil lomba tersebut juara 1 diraih Poskamling Kel. Pasar, juara 2 Desa Silungkang Oso, yang pialanya diserahkan langsung oleh AKBP. Purwanto selesai pelaksanaan apel. Lomba Satkamling yang diadakan Polri dari tingkat Polres, Polda sampai ketingkat Nasional, sebagai salah datu upaya akselerasi.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam amanat nya yang dibacakan oleh AKBP Purwanto mengatakan bahwa Apel yang digelar ini merupakan salah satu upaya Polri dalam mempercepat upaya revitalisasi satkamling dan mengemban fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Hal ini sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi, peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan. Salah satu yang berada dibawah binaan Polri adalah Satkamling sebagai garda terdepan disetiap RT, RW di Desa dan Kelurahan diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat.

“Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling, selain juga harus bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya. Kehadiran Satkamling harus bisa menjadi cooling system, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, terlebih kita akan menghadapi agenda Nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri berpesan kepada rekan-rekan awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling merupakan representasi kehadiran Polri ditengah masyarakat, tutupnya.

Hadir pada kegiatan ini, Waka Polres, para PJU, Kapolsek jajaran, perwira, PNS, Bintara Polres dan para tamu undangan.

(ROL)

Pos terkait