Dikunjungi Satker Balai Perumahan BPPP Sumatera III, Pembangunan Rusun Untuk Pesantren Thawalib Padang Panjang Segera Dikerjakan

Topsumbar – Rumah Susun (Rusun) bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia untuk Pesantren Thawalib Padang Panjang, Sumatera Barat segera dibangun.

Rencana pekerjaan pembangunan Rusun tersebut setelah Satuan Kerja (Satker) Penyediaan  Perumahan Provinsi Sumatera Barat, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BPPP) Sumatera III, Direktorat Jenderal Perumahan Kemen-PUPR bersama kontraktor pelaksana mengunjungi dan melihat  langsung lokasi yang menjadi tempat pembangunan Rusun tersebut.

Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang Irwan Natsir, melalui keterangan tertulis diterima Topsumbar.co.id, Kamis (8/6/2023), menjelaskan rencana akan dimulainya pekerjaan pembangunan Rusun untuk pesantren Thawalib Padang Panjang setelah tim dari Satker Balai Perumahan BPPP Sumatera III bersama kontraktor melihat langsung lokasi tempat pembangunan Rusun pada Rabu 7 Juni 2023.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah tim dari Satker Penyediaan Perumahan BPPP Sumatera III yang dipimpin Bapak Syamsul Bahri bersama kontraktor pelaksana meninjau lokasi tanah yang akan menjadi tempat pembangunan Rusun,” jelasnya.

Kedatangan tim Satker Penyedia Perumahan BPPP Sumatera III tersebut untuk melihat langsung bagaimana kesiapan tanah dan lokasi di dalam komplek Perguruan Thawalib Padang Panjang yang akan segera dilakukan pekerjaan pembangunan Rusun Thawalib.

Dijelaskan Irwan Natsir, untuk tanah yang menjadi lokasi pembangunan Rusun telah disediakan dan dalam kondisi siap untuk dilaksanakan pekerjaan pembangunan.

“Yayasan Thawalib telah menyediakan lahan tanah yang siap untuk dilakukan pekerjaan pembangunan Rusun Thawalib,” ujarnya.

Pelaksanaan pekerjaan pembangunan Rusun Thawalib tersebut, seperti dijelaskan Irwan Natsir, setelah selesai dilaksanakan proses pengadaan paket pekerjaan pembangunan rumah susun tahun anggaran 2023 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan  Perumahan Provinsi Sumatera Barat.

Pada 25 Mei 2023, Yayasan Thawalib menerima informasi pemberitahuan dari Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat bahwa pelaksanaan pekerjaan fisik pembangunan Rusun di Thawalib Padang Panjang  akan dimulai pada bulan Juni 2023.

“Yayasan Thawalib mendapatkan surat resmi dari Satker Penyediaan Perumahan mengenai rencana dimulainya pekerjaan pembangunan Rusun di Thawalib Padang Panjang. Atas informasi tersebut maka dilakukan berbagai persiapan terutama terkait penyediaan lahan,” kata Irwan Natsir.

Rusun Thawalib

Peninjauan lokasi lahan yang menjadi tempat pembangunan Rusun di kampus Thawalib Padang Panjang langsung oleh Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri beserta tim dan kontraktor pelaksana dari CV Sabar Jaya.

Rombongan tersebut disambut oleh jajaran Pengurus Yayasan Thawalib yakni Abrar (ketua), Irwan Natsir (Sekretaris), Hilma Hamid, Irwandi dan Fahmi (anggota pengurus) di kampus Thawalib Padang Panjang.

Rencana pekerjaan pembangunan Rusun di Thawalib Padang Panjang diajukan pada tahun 2022. Setelah melalui berbagai proses, Kementerian PUPR RI menyetujui usulan tersebut dan telah dilakukan proses pengadaan paket pekerjaan Rusun tersebut.

Ketua Yayasan Thawalib Abrar mengatakan, dengan adanya bantuan pembangunan Rusun untuk Thawalib Padang Panjang tersebut akan dipergunakan nantinya untuk tempat tinggal santri Thawalib Putra.

“Kebutuhan asrama untuk santri Thawalib Putra terus meningkat. Dengan adanya bantuan pembangunan Rusun dari Kementerian PUPR RI maka sangat membantu karena Rusun tersebut nantinya ditempati oleh para santri,” katanya.

Menurut Abrar, saat ini Yayasan Thawalib melakukan pembenahan dan pembangunan sarana prasarana pendidikan untuk santri Thawalib Padang Panjang, salah satunya terkait dengan penyediaan gedung asrama untuk tempat tinggal santri.

“Alhamdulillah dengan akan dimulainya pekerjaan pembangunan Rusun di Thawalib, maka menambah sarana gedung bagi tempat tinggal bagi santri,” ujar Abrar.

(AL)

Pos terkait