Cara Cek Bansos Lewat HP untuk Ketahui Status Penerima PBI JK, PKH, dan BNPT Tahap 4

Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi uang bansos. (Foto: Pixabay)

Syarat Penerima Bansos BPNT

1. Warga Indonesia yang memiliki KTP

2. Bukan termasuk bagian dari ASN atau PNS

3. Terdata sebagai warga miskin dan layak menerima bantuan

Bacaan Lainnya

4. Warga masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19.

Syarat Penerima Bansos PKH

Uang gratis dari pemerintah tersebut merupakan pembagian dari beberapa kategori berdasarkan para penerima, di antaranya ibu hamil, balita atau usia dini dan para pelajar dari SD-SMA hingga disabilitas.

Selain penyandang disabilitas yang menerima Rp600.000, Anak SMP juga akan mendapatkan sekitar Rp375.000 hingga Pelajar SMA berkesempatan peroleh Rp500.000.

Ibu hamil akan mendapatkan sebesar Rp750.000, kemudian Balita atau anak usia dini memperoleh jatah Rp750.000 dan Siswa SD-setingkat berkesempatan dapatkan Rp225.000.

Baca juga: Disabilitas Dapat Bantuan PKH Tahap 2 Rp600.000, Cek Bansos Kemensos Sekarang!

Syarat dan Ketentuan Penerima Bansos PBI JK

Untuk diketahui, PBI JK tidak dicairkan dalam bentuk uang dan hanya memberikan bentuk layanan berupa penggantian fasilitas kesehatan bagi peserta BPJS yang aktif.

Bantuan ini berupa penggantian iyuran BPJS bagi yang tidak mampu, terkait daftar dokumen yang harus kamu penuhi yaitu surat keterangan tidak mampu dari lurah setempat, fotocopy KTP dan KK hingga KIS (jika ada).

Semua proses pendaftarannya gratis serta tidak memungut biaya apapun. NIK kamu sudah tercatat oleh Dukcapil. Kemudian, mulai melakukan pendaftaran sesuai data kepesertaan yang diajukan.

Itulah informasi terkait cara pengecekan bansos PBI JK, PKH, BNPT Tahap 4 lewat ponsel saja melalui aplikasi Cek Bansos dan syarat ketentuan hingga kriteria penerimanya. Semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan DANA Kaget setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram DANA Kaget.

Pos terkait